Diperbaharui Elon Musk, Begini Cara Membuat Fitur Jajak Pendapat Twitter hingga Manfaatnya
Ilustrasi Twitter (pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Media sosial berlogo burung biru Twitter kembali menerapkan kebijakan baru. Adanya fitur jajak pendapat Twitter kini hanya bisa digunakan oleh akun terverifikasi atau akun dengan centang biru.

Kebijakan ini diumumkan oleh CEO Twitter Elon Musk lewat cuitannya. Ia mengatakan bahwa kebijakan terkait fitur tersebut akan berlaku di palformnya per 15 April mendatang.

Cara Membuat Fitur Jajak Pendapat Twitter

Seperti diketahui, fitur jajak pendapat di Twitter adalah fitur yang digunakan untuk memberi suara dengan poliing di media sosial. Fitur ini memungkinkan pembuatnya untuk mendapatkan votes dari akun lain baik yang menjadi followersnya maupun bukan.

Layaknya jajak pendapat, fitur ini mampu memberikan voting atas pilihan yang diajukan oleh pembuatnya. Para pengguna Twitter banyak yang mengaitkan fitur ini dengan kebebasan berbicara seperti yang dijunjung tinggi oleh Elon Musk.

Cara memberikan suara pun cukup mudah yakni dengan klik salah satu dari beberapa opsi yang dibuat. Hasilnya pun akan langsung tampil setelah pemberi suara melakukan voting.

Pembuat maupun pemberi voting bisa melihat total penghitungan suara dan sisa waktu yang tersedia. Keduanya ditampilkan di bawah polling. Durasi poling Twitter berjalan sesuai dengan durasi yang dipilih oleh pembuatnya.

Manfaat Fitur Polling Twitter

Bagi Anda yang ingin mencoba membuat fitur jajak pendapat di Twitter ikuti langkah-langkahnya berikut ini, dikutip dari laman help.twitter.

  1. Klik ikon Buat Tweet;
  2. Setelah itu pilih ikon Pilih icon “Add Poll” yang berada di baris kanan setelah logi “GIF”.
  3. Anda diharuskan membuat pertanyaan terkait jajak pendapat pada kotak utama pembuat cuitan pada “ajukan pertanyaan”. Di tahap ini Anda harus memperhatikan jumlah karakter maksimal pada pertanyaan;
  4. Buat opsi polling. Untuk pilihan pertama ada di kotak utama, pilihan kedua di kotak kedua. Maksimal karakter yang bisa digunakan adalah 25 karakter sehingga buatlah sesingkat dan sejelas mungkin;
  5. Klik + Tambahkan pilihan jika ingin menambah opsi lain pada polling. Twitter menyediakan maksimal empat opsi dalam fitur polling;
  6. Anda bisa melakukan penyesuaian pada durasi polling. Normalnya polling hanya bertahan 1 hari, namun pengguna bisa memilih durasi polling dengan cara klik 1 hari lalu sesuaikan hari, jam, hingga menit. Durasi polling minimal adalah 5 menit sedangkan maksimal durasi polling adalah 7 hari.
  7. Lalu klik “Tweet” untuk mengunggah polling dan cek hasilnya secara bertahap.

Manfaat Polling Twitter

Polling Twitter banyak dipakai pengguna karena mudah. Pasalnya user tak perlu ribet mengisi form atau harus mengunjungi situs pihak ketiga untuk membuat polling. Pengguna bisa menggunakan fitur ini secara langsung dan mendapat hasil polling secara cepat dan realtime.

Beberapa manfaat jajak pendapat Twitter adalah sebagai berikut.

  1. Mengetahui pendapat user terhadap topik tertentu seperti politik, produk, hingga tema lain yang sedang populer
  2. Mengukur tingkat keterpilihan seseorang atau sesuatu. Fitur ini bisa digunakan saat momen pemilu dengan beberapa calon kandidat
  3. Mengumpulkan data terkait bisnis atau produk tertentu secara massal, praktis, dan cepat
  4. Sebagai bentuk kebebasan berpendapat

Selain terkait fitur jajak pendapat Twitter, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informaasi menarik lainnya.