Google Penelusuran Luncurkan Banyak Fitur Baru untuk Tingkatkan Verifikasi Informasi
Fitur baru Google Search (foto: blog Google)

Bagikan:

JAKARTA - Setiap hari, orang-orang mengakses Google untuk mencari informasi. Google Penelusuran juga membantu semua orang untuk menemukan informasi berkualitas tinggi dari seluruh dunia, dari berbagai sumber yang beragam dan kredibel, serta menemukan perspektif baru untuk membantu mereka lebih memahami dunia. 

Untuk meningkatkan hasil penelusuran yang lebih baik, Google meluncurkan beberapa fitur baru yang akan membantu Anda menemukan informasi yang lebih kredibel. Adapun fitur-fitur tersebut di antaranya adalah:

Fitur Tentang hasil ini

Saat menelusuri di Google, Anda mungkin melihat hasil dari situs web terkenal dan juga sumber yang belum Anda kenal. Untuk membantu Anda mengevaluasi informasi, fitur Tentang hasil ini akan tersedia dalam semua bahasa dalam beberapa hari mendatang. 

Jadi nanti, ketika Anda mencari sesuatu di Google, Anda akan melihat simbol tiga titik di samping sebagian besar hasil di Google Penelusuran. Dengan mengklik tiga titik tersebut, Google akan memberi Anda informasi lebih lanjut tentang dari mana asal informasi yang Anda lihat dan bagaimana sistem perusahaan menentukan informasi tersebut berguna untuk kueri Anda.

Fitur Perspektif (Perspectives

Sama pentingnya dengan memahami sumber yang Anda lihat di Google Penelusuran adalah menemukan berbagai sumber dan perspektif yang dapat membantu Anda lebih memahami berita. Fitur Perspektif ini akan muncul di bawah Berita Teratas dan menampilkan wawasan dari berbagai jurnalis, pakar, dan suara relevan lainnya tentang topik yang Anda telusuri. 

Jangan khawatir, dengan fitur ini Anda akan menemukan berbagai perspektif dari sumber terpercaya untuk membantu memperluas pemahaman Anda. Fitur ini akan segera diluncurkan dalam bahasa Inggris di AS dan akan tersedia di desktop dan seluler.

Fitur Tentang halaman ini

Selain fitur Tentang hasil ini, Anda juga dapat mempelajari lebih banyak informasi tentang sumber dan topik di halaman tertentu. Jadi, mulai hari ini, Anda dapat mengetikkan URL organisasi di Google Penelusuran dan informasi dari Tentang halaman ini yang berupa situs atau liputan baru-baru ini tentang organisasi tersebut akan terisi di bagian atas Penelusuran. Fitur ini sekarang tersedia secara global dalam bahasa Inggris.

Temukan kesenjangan informasi

Terkadang, tidak banyak informasi bagus yang ditampilkan untuk penelusuran, atau hasilnya berubah dengan cepat. Untuk mengatasi kesenjangan informasi ini, Google akan secara otomatis menampilkan saran konten dalam situasi ketika suatu topik berkembang pesat. 

Google juga memperluas saran untuk kesenjangan informasi berkualitas ke bahasa baru, termasuk Jerman, Prancis, Italia, Spanyol, dan Jepang dalam beberapa bulan mendatang.