Microstrategy Beli 6.455 Bitcoin Lagi, Total Punya 138.955 BTC
Microstrategy borong ribuan Bitcoin. (Foto; Dok. Cryptoast)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan teknologi Microstrategy Inc. yang terdaftar di Nasdaq mengumumkan pada Senin, 28 Maret, bahwa mereka telah membeli 6.455 Bitcoin tambahan dengan total nilai sekitar 150 juta dolar AS (setara Rp2,2 triliun).

CEO Michael Saylor mengatakan bahwa Bitcoin tersebut dibeli pada rentang waktu 16 Februari hingga 23 Maret dengan harga rata-rata sekitar 23.238 dolar AS (sekitar Rp350 jutaan) per Bitcoin. Dalam dokumen yang diajukan ke Securities and Exchange Commission (SEC), Microstrategy juga mengungkapkan bahwa mereka secara sukarela melunasi pinjaman senilai 205 juta dolar AS (setara Rp3 triliun) dari Silvergate Bank.

Pinjaman tersebut dilunasi dengan diskon 22 persen dan dilakukan pada hari sebelumnya. Silvergate Bank adalah salah satu bank yang mengalami kesulitan di bulan Maret ini dan akhirnya mengumumkan likuidasi sukarela pada tanggal 8 Maret. Sebelumnya, bank tersebut telah menghentikan jaringan pembayaran cryptocurrency-nya, yaitu Silvergate Exchange Network (SEN).

Anak perusahaan Microstrategy, Macrostrategy, telah menandatangani perjanjian kredit dengan Silvergate pada Maret tahun lalu untuk meminjam 205 juta dolar AS. Pinjaman tersebut dijamin oleh sejumlah Bitcoin dan rekening cadangan tunai senilai 5 juta dolar AS (Rp75 miliar) yang dipegang oleh Macrostrategy di Silvergate.

Setelah melakukan pelunasan, Silvergate melepaskan kepentingan jaminannya pada semua aset Macrostrategy yang dijadikan jaminan pinjaman, termasuk Bitcoin. Microstrategy sendiri kini memiliki sekitar 138.955 Bitcoin senilai sekitar 4,14 miliar dolar AS (Rp62,5 triliun). Perusahaan ini menjadi salah satu perusahaan besar yang berinvestasi besar-besaran pada Bitcoin dalam beberapa waktu terakhir.

Meskipun harga Bitcoin sempat turun beberapa waktu lalu, Microstrategy tetap percaya pada potensi Bitcoin sebagai aset investasi yang menguntungkan di masa depan.