Bagikan:

JAKARTA - Salah satu perusahaan milik Elon Musk, Neuralink, telah mendekati salah satu pusat bedah saraf terbesar di AS sebagai mitra uji klinis potensial saat perusahaan bersiap-siap untuk menguji perangkatnya pada manusia begitu regulator mengizinkannya. Hal ini diungkapkan oleh enam orang yang familiar dengan masalah ini.

Neuralink telah mengembangkan implan otak sejak 2016 yang diharapkan akan menjadi obat untuk kondisi yang sulit diatasi seperti kelumpuhan dan kebutaan.

Namun, perusahaan ini mengalami pukulan pada awal 2022 ketika Badan Pengawas Obat dan Makanan AS menolak permohonannya untuk maju ke uji klinis pada manusia karena masalah keamanan utama, seperti yang dilaporkan Reuters pada awal bulan ini.

Sejak itu, Neuralink telah bekerja untuk mengatasi kekhawatiran badan pengawas tersebut dan belum jelas apakah dan kapan mereka akan berhasil.

Neuralink telah berbicara dengan Barrow Neurological Institute, sebuah organisasi pengobatan dan penelitian penyakit saraf yang berbasis di Phoenix, Arizona, untuk membantu melaksanakan uji klinis pada manusia, kata sumber-sumber tersebut.

Namun, pembicaraan tersebut belum tentu akan berakhir dengan kerja sama. Neuralink juga telah membahas kerja sama dengan pusat lain, tambah sumber-sumber tersebut yang meminta anonimitas untuk membahas pertimbangan rahasia.

Reuters tidak dapat memverifikasi status terbaru dari percakapan tersebut. Perwakilan Neuralink tidak menanggapi permintaan komentar.

Francisco Ponce, Direktur Barrow's Center for Neuromodulation and Neurosurgery Residency Program, menolak untuk berkomentar mengenai Neuralink, tetapi mengatakan bahwa Barrow memiliki posisi yang baik untuk melakukan penelitian implan seperti itu karena rekam jejak panjangnya di bidang tersebut.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS menolak berkomentar mengenai upaya Neuralink untuk mencari mitra untuk uji klinisnya.

Upaya terbaru Neuralink datang ketika perusahaan tersebut menghadapi dua penyelidikan federal AS yang diketahui terkait praktiknya.

Inspektur Jenderal Departemen Pertanian AS mulai meneliti pelanggaran kesejahteraan hewan yang potensial di Neuralink tahun lalu. Karyawan saat ini dan mantan karyawan telah menyoroti kekhawatiran mereka kepada Reuters tentang percobaan hewan yang terburu-buru oleh perusahaan, yang menyebabkan penderitaan dan kematian yang tidak perlu.

Departemen Transportasi AS mengatakan sedang menyelidiki kemungkinan penanganan patogen berbahaya selama kemitraan perusahaan dengan Universitas California, Davis dalam uji coba hewan antara 2018 dan 2020.

Menurut Ponce, Barrow telah membantu mengubah operasi implan otak menjadi prosedur yang dapat dilakukan saat pasien tidur, langkah penting dalam membuat prosedur tersebut lebih diterima oleh sekelompok populasi yang lebih luas.

Ini sejalan dengan visi Musk untuk chip otak Neuralink. CEO Tesla Inc  dan pemilik saham mayoritas di Twitter ini telah mengatakan bahwa implan otak Neuralink akan menjadi seumum Lasik.

Perangkat yang telah diimplan Barrow sejauh ini berbeda dengan Neuralink. Barrow bekerja dengan perangkat stimulasi otak dalam yang menerima persetujuan FDA pada tahun 1997 untuk membantu mengurangi tremor Parkinson dan telah diimplan pada lebih dari 175.000 pasien.

Implan Neuralink adalah perangkat antarmuka komputer otak (BCI), yang menggunakan elektroda yang menembus otak atau diletakkan di permukaannya untuk memberikan komunikasi langsung ke komputer. Sejauh ini, belum ada perusahaan yang menerima persetujuan AS untuk membawa implant BCI ke pasar.