Perbedaan Sertifikat  IP67 dan IP68: Sering Dipampang Tapi Banyak yang Gak Tahu
Perbedaan Sertifikat IP67 dan IP68 (Gambar Igor Rodrigues - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Nyaris seluruh ponsel pintar flagship mulai tahun 2017 semacam Sony Xperia XZ Premium, Apple iPhone 7, Samsung Galaxy S8, serta LG G6 menambahkan fitur tahan air serta debu bersertifikasi IP67 ataupun IP68. Lantas, apa perbedaan sertifikat  IP67 dan IP68?

Walaupun kerap mengikuti sebutan ini, nyatanya masih banyak orang yang belum paham arti serta perbandingan dari keduanya. Untuk Kalian yang belum mengerti benar, kali ini kita bakal mempelajari pengertian serta perbandingan IP67 dan IP68 pada uraian berikut ini. 

Perbedaan Sertifikat  IP67 dan IP68

IP67 ataupun IP68 terdiri dari 3 kode, yaitu IP, kemudian dikuti kode nomor 6 serta diakhiri kode nomor 7 ataupun juga 8. IP merupakan kependekan dari International Protection atau perlindungan internasional. Standar sertifikasi ini disusun serta terbuat oleh International Electrotechnical Commission( IEC).

Berikutnya nomor 6 dipakai sebagai indikator kalau ponsel pintar itu kuat kepada debu, pasir ataupun pertikel sejenisnya. Terakhir terdapat kode nomor 7 ataupun 8. nomor 7 dipakai sebagai penanda kalau ponsel pintar itu kuat kepada serangan air serta mampu menyelam di kedalaman 1 m sepanjang 30 menit. 

Sedangkan nomor 8 dipakai selaku penanda kalau ponsel pintar kuat kepada serangan air serta bisa menyelam di kekuatan 1, 5– 2 m sepanjang 30 menit. Jadi perbandingan IP67 serta IP68 cuma terdapat pada jarak kedalaman air saja.

Dengan cara teori, kala ponsel pintar bersertifikasi IP68 serta IP67 tergenang di daya 1 m sepanjang 30 menit, ponsel pintar bakal bertahan serta tidak akan terjadi kerusakan permanen. Atau bahkan buat kondisi ceroboh semacam menjatuhkan ponsel pintar ke toilet, bak mandi, ataupun wastafel, ponsel pintar bersertifasi IP68 serta IP67 bakal aman- aman saja. 

Bisakah Digunakan di Dalam Air?

Nyatanya permasalahan ini masih sedikit ambigu. Namun, ponsel pintar dengan IP67 serta IP68 belum tentu bisa bertahan dikala dibawa menyelam. Sebab kita tidak tahu pasti tekanan air serta jarak daya air dikala asik menyelam. Tidak hanya itu, uji sertfikasi IP dicoba kala ponsel pintar dalam bentuk standby atau tidak dioperasikan sama sekali. 

Tidak hanya itu kolam ataupun laut memiliki banyak sekali zat- zat yang dapat menyerang perangkat lunak telepon pintar semacam air kencing, air ludah, sampai zat garam.

Jadi, bisa jadi buat sesekali ataupun 2 kali ponsel pintar bakal bertahan, tetapi buat eksperimen selanjutnya, bisa saja ponsel pintar bakal hadapi permasalahan. Bila Kamu mau me gambil gambar di dalam air, alangkah lebih bagus memakai action cam dengan casing waterproof. 

Jadi setelah mengetahui perbedaan sertifikat  ip67 dan ip68, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!