Apa Arti IP 67 Pada <i>Smartphone Flagship</i>? Ketahui Perbedaannya dengan IP68
Ilustrasi smartphone flagship (JESHOOTS-com-Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sejumlah smartphone kelas atas atau flagship seperti iPhone 12, iPhone SE, Samsung Galaxi S21, One OnePlus 8 Pro dan lain sebagainya, saat ini sudah dibekali dengan fitur anti debu dan tahan air yang bersertifikasi IP67. Lantas, apa arti IP7 pada smartphone? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan berikut ini.

Apa Arti IP67 pada Pada Smartphone Flagship?

Sebelum melangkah lebih jauh, pembaca perlu mengetahui bahwa IP merupakan singkatan dari Ingress Protection atau International Protection

IP rating adalah ranking yang menunjukkan tingkat perlindungan dari benda padat dan benda cair dari suatu perangkat. Artinya, IP rating tak hanya soal perlindungan perangkat dari air dan debu, melainkan mencakup perlindungan dari benda cair dan padat.

Ilustrasi smartphone
Ilustrasi smartphone (Irvan Meidianto/VOI)

Biasanya, IP rating diikuti oleh dua angka di belakangnya. Angka pertama menunukkan tingkat (1-6) perlindungan dari partikel padat seperti debu dan kotoran.

Sedangkan Angka kedua menunjukkan seberapa banyak cairan (level 1-8) yang bisa dihalau oleh perangkat tanpa merusak komponen lainnya.

Disadur dari Tech Radar, perangkat yang benar-benar tahan air adalah yang memiliki angka 7 atau seterusnya. Angka 7 bermakna masuknya air dalam jumlah yang berbahaya tidak akan mungkin terjadi ketika selungkup direndam dalam air di bawah kondisi tekanan dan waktu yang ditentukan (hingga satu meter perendaman).

Sementara angka delapan merujuk pada perangkat yang dapat dalam hari hingga kedalaman 1,5 meter.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa, semakin tinggi angka IP rating, maka semakin baik dalam hal perlindungan perangkat, baik perlindungan dari benda padat maupun cair.

Nah, smartphone flagship yang dibekali dengan sertifikat IP67 berarti perangkat yang dapat bertahan dalam air hingga satu meter selama 30 menit dan kedap debu.

Selain IP67, smartphone flagship juga banyak yang sudah mengantongi sertifikat IP68. Lantas, apa beda IP67 da IP68?

Jika smartphone flagship yang memiliki sertifikasi IP67 dapat bertahan di dalam air hingga satu meter selama 30 menit, maka IP68 menawarkan ketahanan di dalam air hingga 1,5 meter perendaman.

Meski memiliki tingkat ketahanan terhadap perendaman yang tinggi, definisi ini tak lantas membuat perangkat tahan dari berbagai jenis air.

Pasalnya, IP68 yang merupakan rating IP tertinggi saat ini, tidak akan dapat bertahan jika direndam dalam air laut atau air yang mengandung klorin, karena akan menimbulkan masalah.

Selain itu, segel karet yang menyelungkupi smartphone dengan IP68 juga bakal melemah seiring waktu, sehingga mengurangi ketahanannya terhadap air.

Segel karet juga dapat terkikis jika smartphone terkena tumpahan kopi, minuman ringan atau minuman yang mengandung alkohol.

Oleh sebab itu, pengguna harus menjaha smartphone-nya supaya tetap kering, kendati sudah mengantongi sertifikat IP yang tinggi. Karena peringkat tersebut diuji dalam laboratorium, bukan di dunia luar/nyata sebagaimana pemakaian pengguna.

Demikian informasi tentang apa arti IP67 pada smartphone flagship. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.