Pendiri Ethereum Vitalik Buterin Bahas Pentingnya Keamanan dalam Dompet Kripto
Pendiri Ethereum Vitalik Buterin membahas masalah keamanan dompet kripto. (Foto; Dok. Techcrunch)

Bagikan:

JAKARTA - Keamanan dalam menyimpan kripto memang sangat penting untuk dipertimbangkan, mengingat kripto bersifat terdesentralisasi dan terbuka. Oleh karena itu, Vitalik Buterin, pencipta Ethereum dan seorang miliarder, memberikan saran tentang metode terbaik untuk pengguna dalam menjaga keamanan kriptonya.

Buterin menyarankan pengguna untuk menggunakan multisig wallet, yang membutuhkan lebih dari satu tanda tangan sebelum transaksi dapat diproses. Selain itu, Buterin juga mengatakan bahwa penting untuk memiliki jaringan perangkat atau individu terpercaya, yang ia sebut sebagai "guardians," yang membantu dalam menjaga keamanan kripto. Menurut Buterin, cara ini adalah metode yang paling disukainya untuk keamanan kripto.

Buterin menjelaskan bahwa baik dirinya maupun Yayasan Ethereum menggunakan multisig wallet untuk menyimpan sebagian besar dana kriptonya. Buterin juga merujuk pada "social recovery wallets," yang adalah dompet kripto yang memungkinkan pemulihan kripto Anda dengan bantuan orang lain jika terjadi masalah.

Buterin juga menyarankan agar pengguna memiliki setidaknya satu guardian, yang merupakan dompet di salah satu perangkat pengguna, agar tetap desentralisasi dan aman. Namun, jika pengguna memiliki lebih dari satu guardian yang dikendalikan oleh dirinya sendiri, ia harus mempertimbangkan risiko jika terjadi hal yang tak diinginkan, seperti diretas, dipaksa, atau bahkan meninggal.

"Maka dari itu, wajar untuk memiliki setidaknya satu guardian yang menjadi dompet di salah satu perangkat Anda sendiri - ini tidak mengurangi desentralisasi untuk melakukannya, dan pada akhirnya, ini adalah uang Anda,” tulis Vitalik Buterin dalam postingan Reddit.

“Namun, jika Anda memiliki lebih dari satu guardian yang dikontrol oleh diri sendiri, Anda akan menghadapi masalah yang rumit: Anda harus mempercayai orang lain lebih sedikit, tetapi Anda juga mengkonsentrasikan lebih banyak kekuasaan pada diri sendiri, yang dapat menimbulkan risiko jika Anda diretas, dipaksa, atau tidak mampu atau meninggal," tambahnya.

Secara keseluruhan, Vitalik Buterin memberikan saran tentang cara terbaik untuk menjaga keamanan kripto dengan menggunakan multisig wallet dan guardian. Selain itu, ia juga menekankan pentingnya penggunaan social recovery wallet dan memiliki cukup guardian yang dikendalikan oleh orang lain, dengan setiap guardian yang berada di perangkat yang berbeda. Semua itu adalah cara yang dapat dilakukan pengguna untuk menjaga keamanan kriptonya tanpa harus bertanggung jawab atas seluruh pengaturan keamanan yang kompleks.