Apa Itu Firmware? Ini Penjelasan dan Fungsinya
Ilustrasi firmware di komputer (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda apa itu firmware dan apa saja fungsinya? Istilah firmware kerap muncul dalam topik perbincangan komputer. Biasanya kemunculan istilah ini diikuti dengan komponen komputer lain yakni software dan hardware. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Apa Itu Firmware?

Secara umum firmware adalah program yang terdiri dari perintah-perintah penting sekaligus dasar dalam sebuah sistem untuk membantu hardware menjalankan fungsinya. Firmware berkaitan erat dengan hardware sehingga keduanya saling terintegrasi.

Firmware memiliki padanan istilah lain dalam bahasa Indonesia yakni perangkat tegar. Firmware diperlukan untuk menjalankan hardware agar bisa bekerja dengan baik. Jika di suatu sistem komputer tak memiliki firmware, maka hardware atau perangkat keras  komputer tak akan bisa bekerja atau tak mampu memroses perintah user.

Harus diketahui, firmware berbeda dengan software meski keduanya sama-sama berkaitan dengan program. Salah satu perbedaan antara firmare dan software misalnya pada penggunaannya. Firmware merupakan bagian dari software yang dipakai untuk mengendalikan hardware. Sedangkan software adalah sistem yang menghubungkan pengguna dengan komputer.

Selain itu perbedaan ada pada jumlah memori. Sebuah software membutuhkan kapasitas memori yang besar hingga Gigabyte (GB), sedangkan firmware biasanya hanya sampai Kilobyte (KB) saja.

Awalnya firmware hanya berupa memori terprogram read-only (PROM) saja. Namun seiring berjalannya waktu, firmware mulai berkembang hingga berwujud memori flash. Kondisi tersebut makin menguntungkan karena selain mudah digunakan juga lebih praktis saat update. Dari PROM kini menjadi EPROM (Erasable Programmable ROM).

Firmware juga didesain untuk bekerja secara tetap dan permanen sehingga user tak  bisa melakukan perubahan jika terjadi pembaruan.

Fungsi Firmware

Seperti disebutkan sebelumnya, firmware sangat dibutuhkan untuk menjalankan fungsi hardware dalam sebuah perangkat komputer. Berikut ini beberapa fungsi firmware.

  1. Kontrol Perangkat Keras

Firmware berisi perintah yang mengontrol perangkat keras atau hardware. Program ini dibutuhkan di beragam alat elektronik seperti ponsel, laptop, hingga lampu lalu lintas. Tanpa firmware piranti keras tidak bisa berjalan dan bekerja.

  1. Menjalankan Fungsi

Firmware dibutuhkan untuk menjalankan fungsi hardware, misalnya pada saat komputer dinyalakan maka perangkat keras akan merespon perintah tersebut.

  1. Perintah Dasar

Firmware merupakan perintah-perintah dasar yang ada pada sistem. Tanpanya, sistem tak mampu menjalankan fungsi dasar alat elektronik.

Contoh Firmware

Harus diketahui bahwa firmware tidak hanya ada pada komputer namun pada beraham alat elektronik yang ad adi kehidupan sehari-hari. Berikut ini contoh firmware di perangkat elektronik.

  1. Router dan firewall

Firmware ada pada perangkat router dan firewall yang terdiri dari openWRT yakni firmware GNU/Linux. Ada pula monowall, yakni firmware yang mampu menghadirkan fitur penting di komputer.

  1. Alat Rumah Tangga Elektronik

Alat rumah tangga elektronik di sekitar Anda tentu memiliki firmware yang membantu perangkat menjalankan fungsinya. Beberapa alat tersebut misalnya Air Conditioner (AC). Firmware pada AC membantu menjalankan perintah seperti kontrol suhu, timer, dan sebagainya.

  1. Personal Computers

Personal Computer atau PC memiliki firmware seperti BIOS (Basic input output system), UEFI (Unified extensible firmware interface), open firmware, dan masih banyak lagi.

Itulah penjelasan terkait apa itu firmware. Kunjungi situs VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.