Platform Pinjaman Kripto Euler Finance Mengalami Serangan <i>Hacker</i>, Kerugian Ditaksir Rp3 Triliun
Euler Finance terkena serangan hacker, hingga rugi Rp3 triliun. (foto: twitter @eulerfinance)

Bagikan:

JAKARTA - Pada Senin, 13 Maret perusahaan pemantau blockchain PeckShield mengirimkan cuitan yang menakutkan kepada platform pinjaman kripto Euler Finance, dengan hanya mengatakan: "Hai [...] mungkin Anda perlu melihat."

Apa yang ingin dikatakan oleh PeckShield kepada Euler adalah serangkaian transaksi yang menunjukkan ada serangan terhadap Euler. Menurut PeckShield, hacker mengeksploitasi Euler "dalam serangkaian transaksi" yang mengakibatkan pencurian sekitar 197 juta dolar AS (Rp3 triliun) dalam bentuk kripto. Perusahaan keamanan kripto BlockSec juga melaporkan serangan tersebut.

Meskipun ini terdengar seperti jumlah uang yang sangat besar - dan memang demikian - namun ini hanya pencurian kripto terbesar ke-26 dalam sejarah, menurut sebuah situs web yang melacak pencurian dan penipuan kripto.

"Kami menyadari dan tim kami sedang bekerja dengan profesional keamanan dan penegak hukum," ungkap Euler menulis sebagai respons atas cuitan tersebut. "Kami akan merilis informasi lebih lanjut secepatnya begitu kami mendapatkannya."

Euler tidak segera menanggapi permintaan komentar dari TechChrunch.

ZachXBT, seorang peneliti independen yang menyelidiki penipuan dan serangan kripto, menulis di Twitter bahwa serangan ini "hampir pasti" dilakukan oleh peretas jahat, mengingat orang yang sama mengeksploitasi "beberapa protokol acak di [Binance Smart Chain] beberapa minggu yang lalu dan kemudian dana disetor ke Tornado [Cash], ”sebuah layanan pencampuran kripto populer yang telah disanksi oleh pemerintah AS karena diduga memfasilitasi pencucian uang.

Di saluran Discord dan Telegram resmi Euler, beberapa investor Euler mengeluh tentang apa yang terjadi dan bertanya-tanya apa yang harus mereka lakukan selanjutnya, dan jika ada harapan.

"Hampir 1,3 juta USD hilang. Saya pikir mereka adalah protokol pinjaman yang paling aman, saya tidak pernah menyukai Michael di Twitter, tetapi saya bahkan tidak akan membayangkan mereka merilis pembaruan tanpa pemberitahuan atau audit sebelumnya," tulis salah satu pengguna di Discord, dikutip TechCrunch.

"Bagus setidaknya tahu bagaimana saya bereaksi ketika kehilangan lebih dari 100 ribu dolar AS dalam waktu satu jam. Belajar sedikit tentang diri saya hari ini. Mungkin ini tidak tentang uang, teman-teman, tetapi tentang apa yang Anda pelajari di sepanjang jalan," tulis investor lainnya di Discord.

Di situs webnya, Euler mengatakan telah bermitra dengan enam perusahaan keamanan teratas. Jelas, itu tidak cukup untuk menghentikan para peretas. Harga token kripto Euler turun drastis setelah berita tentang serangan tersebut.