Kesuksesan GTA <i>Online</i> Jadi “Sesuatu” yang Tidak Dibayangkan Rockstar Games
GTA Online turut andil dalam kesuksesan GTA 5 (foto: Wikipedia)

Bagikan:

JAKARTA - Meskipun sudah dirilis hampir sepuluh tahun lalu, Grand Theft Auto (GTA) 5 masih menjadi salah satu gim terbesar dan memperoleh kesuksesan secara konsisten.

Melansir GamingBolt, GTA 5 sudah terjual lebih dari 175 unit hingga saat ini. Meski demikian, kesuksesan itu didapatkan juga karena andil dari GTA Online, yang juga bertahan lama, dan selalu hadir dan berkembang setiap saat.

Dalam wawancara terbarunya dengan GamesRadar, Direktur desain GTA Online, Scott Butchard, bahkan studio Rockstar Games sendiri tidak dapat mengantisipasi kesuksesan gim tersebut.

Butchard mengungkapkan bahwa sebelum GTA Online dimulai, mereka tidak pernah membayangkan bahwa itu akan menjadi kuat sepuluh tahun setelah peluncuran gim, dan kesuksesan yang telah dicapai jauh melebihi apa pun yang mereka harapkan saat itu.

“Ketika kami memulai, saya rasa kami tidak pernah bermimpi bahwa kami masih akan bertahan 10 tahun lagi. Keberhasilan GTA Online tidak pernah kami harapkan,” ungkapnya.

Untuk ke depannya, seperti yang sudah banyak beredar sebelumnya, Rockstar tampaknya tidak memiliki rencana untuk memperlambat, dan merencanakan hal-hal besar untuk GTA Online.

“Tentunya kami ingin memastikan pembaruan GTA Online gratis dan dapat diakses oleh semua orang, sehingga seluruh komunitas kami dapat merasakannya bersama. Itu masih berdiri sampai sekarang,” tambahnya. 

Pada awalnya, Butchard menambahkan, studio mendorong GTA Online sebagai pengalaman multipemain entah itu kooperatif atau kompetitif, dan mereka perlu memasukkan pemain lain untuk bersenang-senang saat bermain bersama. 

“Seiring berjalannya waktu, kami menyadari begitu banyak pengalaman bekerja lebih baik ketika kami memberikan lebih banyak potensi untuk menikmati permainan pada level individu, dan pengalaman inti kemudian dapat diubah dan ditingkatkan dengan bermain bersama orang lain,” tuturnya.

Di sisi lain, Rockstar telah mengonfirmasi bahwa saat ini studio sedang mengerjakan Grand Theft Auto 6, jadi akan menarik untuk melihat bagaimana perusahaan mendekati GTA Online setelah gim jalur utama seri berikutnya keluar.