Dallara Luncurkan Mobil Edisi Khusus, Performanya Lebih Ditingkatkan
Dallara Stradale edisi terbatas dalam rangka merayakan 25 tahun kemenangan Indy 500 (Foto: Dallara Group)

Bagikan:

JAKARTA - Pabrikan mobil Dallara beberapa waktu lalu merilis Dallara Stradale edisi spesial menghormati kemenangan perdana Dallara di balapan bersejarah di Amerika Serikat, Indy 500, 25 tahun silam.

Dallara sendiri lebih dikenal sebagai manufaktur sasis dari Italia untuk berbagai macam balap mobil, terutama untuki Formula 3 sejak tahun 1993.

Lalu, Stradale merupakan mobil jalan raya pertama produksi Dallara. Mobil tersebut dibekali mesin 4-silinder 2,3 liter turbocharged yang dapat menghasilkan daya sebesar 400 dk dan torsi 500 Nm. Stradale hanya membutuhkan waktu 3,25 detik dari 0-100 km/jam.

Untuk menghormati pencapaian 25 tahun lalu, pabrikan ini meluncurkan Stradale dan EXP dengan corak edisi terbatas. Yang bertanggung jawab dalam mendesain corak khusus ini ialah studio BorromeodeSilva.

Tambahannya, ada 23 bintang yang mewakili kemenangan Dallara di Indy 500. Lalu, terdapat angka romawi "XXV" sebagai simbol 25 tahun kemenangan perdana Dallara di Indy 500.

Dallara juga menambahkan jok alcantara berwarna abu-abu tua, grafis dasbor khusus serta pemindah paddle berwarna kuning. Untuk interiornya, juga ditambahkan siluet mobil balap tahun 1998.

Tentunya, Dallara juga meningkatkan sisi performa pada Stradale 2023. Setiap Stradale akan hadir dengan sistem gearbox robot AMT baru yang berasal dari sistem gearbox yang ada di EXP.

Dengan sistem gearbox tersebut, dapat memangkas waktu perpindahan gigi hingga setengahnya sekaligus memberikan kenyamanan yang lebih baik bagi konsumen Dallara.

Peningkatan lainnya, ialah sistem pengereman dan intercooler baru. Dallara telah melakukan pengembangan pada mobil tersebut untuk menaikkan performa selama berbulan-bulan.