Bagikan:

JAKARTA - Produsen mobil sport asal Jerman, Porsche telah mengajukan hak paten untuk elemen udara dan sayap belakang bergaya Drag Reduction System (DRS). Hal ini menyangkut aspek lain mengakali aerodinamis dengan cara sayap depan dan sayap belakang dapat terus disesuaikan untuk mempertahankan efisiensi aerodinamis yang maksimal dan keseimbangan yang optimal. 

Mobil keluaran terbaru Porsche, 911 GT3 RS memiliki sayap depan maupun belakang yang dikendalikan oleh aktuator elektronik dan pengoperasiannya tidak acak. Banyak fakta yang beredar bahwa GT3 RS dapat mengubah sudut sayap masing-masing. Untuk sayap bagian depan, dapat berputar hingga 80 derajat. Sedangkan pada sayap belakang, dapat menyesuaikan sudutnya dengan berbagai variasi agar tertutup sepenuhnya dan terbuka sepenuhnya untuk meminimalisir hambatan angin. 

Lalu, seberapa banyak pada sayap belakang dibuka maupun ditutup, Porsche mementingkan keseimbangan aerodinamis yang selalu dipertahankan pada perbandingan 30 di depan dan 70 di belakang. Porsche juga menjelaskan bagaimana evaluasinya pada pengaruh aerodinamis dapat diberikan secara optimal serta mengurangi kejadian terburuk maupun skenario yang tidak diinginkan.

Untuk memastikan bahwa 911 GT3 RS memiliki handling yang seimbang serta ideal dari segi apapun, para insinyur Porsche tentunya mengevaluasi tingkat downforce pada bagian depan dan belakang. Dengan evaluasi tersebut, mereka dapat menghasilkan data yang akurat untuk Centre of Pressure (COP) yang secara keseluruhan dari hasil downforce yang bekerja.

Mereka lalu melakukan percobaan di berbagai posisi sayap untuk menemukan keseimbangan aero yang optimal. Dengan menggunakan sensor maupun Algoritma, GT3 RS dapat menyesuaikan tingkat downforce khusus pada setiap ujung agar keseimbangan tetap stabil di berbagai kondisi.

Karena hal tersebut, mobil tidak hanya bergantung pada satu elemen aerodinamis secara berlebihan dan Porsche tetap memprioritaskan keseimbangan pada sayap depan maupun sayap belakang.

Salah satu fitur terbaru pada mobil 911 GT3 RS ialah sistem yang menyerupai DRS, yaitu bila pengemudi menekankan salah satu tombol lingkar kemudi, lalu sayap belakang akan terbuka. Untuk kecepatan, 911 GT3 RS memiliki kecepatan maksimal 296 km/jam, lebih rendah dari GT3 standar dengan 320 km/jam.

Porsche juga menambahkan fitur keamanan berupa peringatan kapan waktu yang tepat bagi pengemudi untuk melaju dengan sistem DRS dan kapan harus melambatkan mobil 911 GT3 RS tersebut.