Bagikan:

JAKARTA - Toyota Gazoo Racing (TGR) baru saja umumkan peningkatan pada model GR86 di Jepang. Penyempurnaan mobil tersebut meliputi kinerja saat berbelok serta penanganan yang lebih mudah sehingga meningkatkan keseruan berkendara khas GR.

Dilansir dari laman resmi pabrikan, Sabtu, 13 Juli, peningkatan pada GR86 merupakan hasil masukan dari pembalap profesional yang mengasah kendaraan di lintasan balap.

Peningkatan tersebut mencakup karakteristik peredam kejut dan kontrol power steering elektrik (EPS) yang lebih tinggi, karakteristik throttle yang dimodifikasi (untuk transmisi manual), dan rentang toleransi kecepatan mesin yang diperluas selama perpindahan gigi turun (untuk transmisi otomatis).

6

Karakteristik peredam kejut telah ditingkatkan untuk memberikan sensasi kontak yang lebih baik dengan tanah sekaligus mempertahankan respons pengendalian langsung yang khas pada mobil sport.

Selain itu, karakteristik dari perangkat EPS juga ditingkatkan demi menciptakan pengendalian yang lebih intuitif dan respon lebih baik sehingga pengemudi merasakan dan terhubung langsung dengan performa mobilnya.

Hasilnya adalah performa respons yang lincah tanpa membahayakan stabilitas kemudi, ditambah dengan sensasi kemudi yang lebih baik pada batas atas performa.

Untuk transmisi manual, kontrol pada torsi mesin juga telah ditingkatkan agar memudahkan pengemudi melajukan kendaraannya. Selain itu, throttle juga dirancang menjadi lebih responsif sehingga meningkatkan kemudahan penanganan performanya.

Sementara itu, divisi performa tinggi ini juga merubah rentang toleransi kecepatan mesin selama perpindahan gigi diperluas pada transmisi otomatis. Dengan demikian, ini memungkinkan pengendaraan lebih sporty.

Selain itu, Toyota juga menghadirkan edisi khusus GR86 bernama “Ridge Green Limited”. Berbeda dengan versi standarnya, mobil ini dilengkapi dengan eksterior warna Ridge Green dengan sentuhan warna Bronze pada peleknya.

Hal lebih spesialnya adalah edisi ini diberi sistem pengereman Brembo pada keempat rodanya dengan shock absorbers dari Sachs (ZF) yang dirancang secara khusus untuk performa.

Bagian interiornya hadir lebih mewah dengan sentuhan warna hitam. Mobil ini juga hadir dengan trim pintu eksklusif dengan jahitan Tan pada setir kemudi, sandaran pintu, kursi depan, dan pedal kopling serta pengereman.

Toyota GR86 terbaru ini ditawarkan dalam tiga varian, RZ, SZ, dan RC dengan harga mulai dari 2,936 juta yen hingga 3,518 juta yen (Rp299,7 jutaan sampai Rp359,1 jutaan) untuk transmisi manual dan 3,293 juta yen hingga 3,616 juta yen (Rp336,1 jutaan hingga Rp369,1 jutaan) untuk otomatis.

Kemudian, versi “Ridge Green Limited” dipatok senilai 3,897 juta yen sampai 3,995 juta yen (Rp397,8 jutaan hingga Rp407,8 jutaan). Mobil edisi spesial ini hanya tersedia sebanyak 200 unit dan bisa didapat melalui sistem pengundian.