Bagikan:

JAKARTA - Setelah banyaknya rumor tentang ketidakhadiran Nintendo dalam acara Electronic Entertainment Expo (E3) 2023, akhirnya perusahaan mengonfirmasi kabar tersebut.

Melalui sebuah pernyataan yang diterima Engadget, Nintendo mengungkapkan bahwa mereka memutuskan untuk tidak mengambil bagian dalam perhelatan E3 tahun ini karena tidak sesuai dengan rencana perusahaan.

"Kami mendekati keterlibatan kami dalam acara apa pun berdasarkan kasus per kasus dan selalu mempertimbangkan berbagai cara untuk terlibat dengan penggemar kami. Karena acara E3 tahun ini tidak sesuai dengan rencana kami, kami memutuskan untuk tidak berpartisipasi,” kata Nintendo dalam pernyataan itu.

Meski absen dalam acara tersebut, Nintendo juga mengonfirmasi bahwa mereka masih akan tetap terus menjadi pendukung kuat ESA (Entertainment Software Association) dan E3.

Awal bulan ini, IGN dan VGC juga melaporkan bahwa tiga raksasa gim dunia termasuk Nintendo, Microsoft, dan Sony memutuskan untuk mundur dari E3 tahun ini. Meski begitu, Sony dan Microsoft belum mengonfirmasinya secara terbuka.

Terlepas dari itu, Microsoft akan menyelenggarakan pameran tahunan besarnya di Los Angeles musim panas ini. CEO Microsoft Gaming Phil Spencer baru-baru ini mengisyaratkan itu akan berlangsung sekitar waktu yang sama dengan E3, yaitu sekitar 13 dan 16 Juni.

Nintendo juga akan manghadirkan Nintendo Direct  yang biasanya selalu digelar pertengahan Juni setiap tahunnya. Sementara itu, PlayStation juga telah menggelar pertunjukan besarnya setelah acara State of Play yang telah dilaksanakan minggu ini.