6 Cara Investasi Kripto Tanpa Beli Koin, <i>Kepoin</i> Tipsnya Di Sini!
Cara berinvestasi kripto tanpa mengeluarkan uang. (Foto; Dok. NFT Crypto)

Bagikan:

JAKARTA - Berinvestasi dalam mata uang kripto menjadi semakin populer karena biaya hidup terus meningkat. Orang-orang mencari cara untuk mendapatkan uang tambahan, dan berinvestasi di pasar keuangan tampaknya merupakan pilihan yang tepat.

Namun, tidak semua orang memiliki dana untuk berinvestasi dalam kripto. Untungnya, ada beberapa cara untuk berinvestasi dalam mata uang kripto tanpa harus membeli koin. Pada artikel ini, kita akan membahas enam cara untuk berinvestasi dalam kripto tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

1. Airdrop

Airdrop adalah cara terbaik untuk berinvestasi dalam kripto tanpa membelinya. Airdrop kripto adalah salah satu cara bagi proyek baru untuk menghasilkan kesadaran tentang proyek mereka. Biasanya, sejumlah kecil token baru dikirim ke alamat aktif dalam komunitas tertentu. Misalnya, dalam airdrop Blur baru-baru ini, 360 juta token BLUR di-airdrop ke pedagang NFT aktif di platform.

Dalam beberapa kasus, airdrop diumumkan terlebih dahulu sehingga pengguna dapat mengambil langkah yang diperlukan untuk menerima token. Di pasar yang sedang bullish, nilai airdrops ini dapat tumbuh hingga ribuan dolar. Seperti yang Anda ketahui, airdrop adalah cara terbaik untuk mendapatkan token tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Namun, berhati-hatilah karena ada banyak pelaku kejahatan di luar sana yang mencoba mencuri kripto berharga Anda. Mereka mungkin menjanjikan airdrop jika Anda berinteraksi dengan protokol tertentu tetapi protokol tersebut dirancang untuk meretas dompet Anda. Berhati-hatilah saat menjelajahi proyek/token baru yang belum diaudit!

2. Mencari NFT Gratis

Ruang NFT juga memiliki banyak barang gratis. Banyak proyek menawarkan koin gratis atau memberikan beberapa NFT secara cuma-cuma dengan mengikuti sejumlah persyaratan tertentu. Ini ditujukan untuk menghasilkan buzz di sekitar proyek.

Ini tidak jauh beda dengan airdrop, bisa menjadi cara yang bagus untuk mengumpulkan NFT. Atau, pengguna dapat mencoba mendapatkan beberapa NFT ini dengan tujuan untuk menjualnya kepada investor lain dengan imbalan ETH atau USDT. Apa pun itu, NFT gratis dapat menjadi cara yang bagus untuk berinvestasi dalam kripto tanpa membeli apa pun.

3. Mining

Salah satu cara paling umum untuk berinvestasi dalam kripto tanpa membelinya adalah dengan melakukan penambangan koin atau mining. Meskipun peralatan penambangan khusus untuk Bitcoin bisa sangat mahal, ada beberapa altcoin yang dapat ditambang dari laptop biasa.

Menambang adalah sebuah proses di mana Anda menambahkan blok ke dalam blockchain, dengan imbalan upah biaya transaksi. Daya komputasi, atau dalam hal ini, laptop Anda, akan digunakan untuk memproses transaksi di blockchain dan menjaga keamanan blockchain.

Setelah Anda mengetahui semuanya, biarkan perangkat komputer Anda menambang koin kapan pun Anda inginkan. Perlu diingat bahwa menambang memiliki peringatan penting: menambang dapat mengakibatkan kenaikan biaya energi, jadi pertimbangkan biaya listrik dibandingkan dengan upah menambang untuk memastikan bahwa aktivitas ini menguntungkan.

4. Bekerja di Industri Kripto

Salah satu cara yang paling logis - tetapi sering diabaikan - untuk berinvestasi dalam mata uang kripto adalah dengan menginvestasikan waktu Anda. Banyak proyek yang secara aktif mencari dukungan, baik dalam bidang pemasaran, pengkodean, atau peran manajemen umum. Jika Anda memiliki keahlian dalam sesuatu yang berguna, kemungkinan besar ada proyek yang mencari orang seperti Anda.

Meskipun bayarannya tidak sekompetitif di pasar yang sedang bullish, bayarannya pasti akan meningkat seiring dengan semakin hijaunya candle. Aktif di Twitter Kripto tentu akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan kripto, tetapi LinkedIn juga menjadi semakin penting.

5. Freelancer untuk Kripto

Sejalan dengan poin sebelumnya, menyediakan layanan adalah cara lain untuk menginvestasikan waktu Anda. Selain mengambil peran nyata dalam sebuah proyek, sebagian besar bisnis kripto secara aktif mencari orang untuk menangani beberapa hal dengan cepat di sana-sini. Misalnya, menyediakan layanan copywriting, desain logo, mengelola media kripto, dll.

6. Staking

Cara terakhir adalah dengan menggunakan staking. Staking adalah proses mempertahankan koin kripto di dalam dompet untuk mendapatkan imbal hasil. Ini serupa dengan menaruh uang di bank dan mendapatkan bunga, tetapi dalam hal ini Anda mempertahankan koin kripto. Semakin lama Anda mempertahankan koin, semakin besar imbal hasilnya.

Demikian cara investasi kripto tanpa beli koin. Namun, ingatlah bahwa investasi kripto memiliki risiko, dan Anda harus selalu melakukan riset dan berhati-hati sebelum memutuskan untuk berinvestasi.