Airdrop Kripto: Pengertian, Jenis, dan Cara Mendapatkannya
Pengertian Airdrop kripto. (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu yang paling banyak diburu komunitas kripto adalah airdrop. Karena dengan airdrop pengguna bisa mendapatkan koin atau token kripto dengan cuma-cuma alias gratis hanya dengan menyelesaikan sejumlah tugas sederhana.

Pemburu airdrop biasanya bergabung dengan grup-grup airdrop Telegram. Ada yang mendapatkan token dengan menyelesaikan tugas sederhana dan ada pula yang terkena scam atau penipuan. Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai airdrop, bagi orang yang ingin jadi pemburu koin gratis diharapkan terlebih dahulu memahami istilah airdrop.

Pengertian Airdrop 

Airdrop adalah pembagian koin atau token kripto secara cuma-cuma kepada peminat kripto sebagai bagian dari strategi marketing pengembang untuk menambah jumlah holder dan membentuk komunitas sebelum peluncuran token.

Airdrop bisa didapatkan dengan cara menyelesaikan sejumlah tugas sederhana termasuk dengan mengikuti atau follow akun media sosial resmi koin tersebut. Jika mengikuti tugas sesuai instruksi, maka airdrop akan dikirimkan ke alamat dompet digital (wallet) penerima.

Jenis-jenis Airdrop

Airdrop sendiri terdiri dari beberapa jenis seperti yang akan dijelaskan di bawah ini:

  1. Standard Airdrop

Airdrop jenis ini mengharuskan pemburu airdrop untuk mendaftar dengan email dan memasukkan namanya. Pendaftaran ditujukan untuk menyebarkan informasi terkait token maupun berlangganan newsletter dari website resmi penyedia airdrop atau pengembang token.

  1. Bounty Airdrop

Ini merupakan jenis airdrop yang memberikan syarat sederhana. Untuk berpartisipasi dalam airdrop jenis ini, pemburu airdrop akan diarahkan untuk me-like, follow akun media sosial, retweet, dan sejenisnya.

  1. Holder Airdrop

Jenis airdrop ini mewajibkan kamu untuk memiliki kripto atau aset digital lain seperti NFT yang tersimpan di wallet pribadi, dan bukan di wallet exchanger atau di platform perdagangan kripto.

Contohnya seperti yang ramai diperbincangkan beberapa waktu lalu, yakni airdrop ApeCoin (APE). Pemilik NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC) dan NFT Mutant Ape Yacht Club (MAYC) akan menerima airdrop APE sejumlah beberapa ribu ApeCoin. Nah, bagi yang tidak memiliki BAYC atau MAYC tidak dapat mengklaim airdrop tersebut.

  1. Exclusive Airdrop

Airdrop ini biasaya dibagikan kepada para influencer atau pengelola website kripto. Pembagian airdrop eksklusif tersebut ditujukan supaya influencer maupun pengelola website mau mempromosikan koin atau token tertentu kepada para pengikut atau pembacanya.

Cara Mendapatkan Airdrop Kripto

Terdapat banyak cara untuk mendapatkan airdrop termasuk mengikuti akun media sosial dan bergabung dengan grup Telegram yang kerap bagi-bagi info airdrop. Namun, cara ini cukup berisiko karena tidak sedikit pemburu airdrop terkena penipuan atau scamming.

Salah satu cara untuk mendapatkan airdrop dan terhindar dari penipuan adalah dengan mengikuti sumber resmi seperti CoinMarketCap (CMC). Laman website penilai peringkat kripto tersebut kerap membagi-bagikan informasi airdrop dari berbagai token.

CMC menyediakan data airdrop secara lengkap seperti Ongoing Airdrop, Upcoming Airdrop dan Ended Airdrop. Laman tersebut juga mencantumkan jumlah maksimum peserta yang akan mendapat airdrop. Di sisi lain, pemburu airdrop yang berpartisipasi biasanya kerap membludak.

Pemburu airdrop bisa masuk ke laman Coinmarketcap, (Coinmarketcap.com/airdrop/), untuk berpartisipasi dalam airdrop resmi dan terhindar dari penipuan. Namun sebelum berpartispasi, pengguna harus mendaftar akun terlebih dahulu di CMC. Selain CMC, laman resmi yang hobi bagi-bagi informasi airdrop adalah website airdrops.io.