Bagikan:

JAKARTA - Ant Group, raksasa fintech China, mengumumkan pada  Selasa 21 Februari bahwa mereka telah memasuki kemitraan strategis dengan kompetisi basket NBA di China yang akan melihat keduanya bekerja sama dalam bidang konten video, penyiaran program, dan keanggotaan.

Fans di China akan memiliki akses ke konten video NBA di Alipay, aplikasi pembayaran yang sangat populer yang dimiliki oleh Ant Group, demikian disebutkan dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters. Kolaborasi dengan liga basket profesional ini akan mencakup kampanye pemasaran bersama dan koleksi digital.

Saluran NBA China diluncurkan di Alipay minggu lalu yang menampilkan konten yang dihasilkan oleh pengguna dari jaringan pengaruh NBA China dan pencipta konten yang diotorisasi oleh Alipay, tambah Ant Group.

NBA adalah salah satu ekspor budaya Amerika Serikat yang paling populer ke China dan menghasilkan ratusan juta dolar setiap tahun dari kehadirannya di pasar negeri tirai bambu itu.

Namun, kemitraan bersejarah dengan penyiar negara CCTV terganggu pada Oktober 2019 ketika mantan manajer umum Houston Rockets, Daryl Morey, men-tweet dukungan pada protes massal di Hong Kong, sebuah kota yang diperintah China yang terlibat dalam krisis politik yang termasuk berbulan-bulan demonstrasi anti-pemerintah.

Tweet Morey, meskipun cepat dihapus, mendapat kritik keras di China, dan CCTV langsung berhenti menayangkan pertandingan NBA, dalam apa yang menjadi pemadaman selama 18 bulan.

Pada Desember lalu, Reuters melaporkan bahwa penggemar bola basket di China menonton pertandingan NBA pada tingkat yang hampir sama seperti sebelum perselisihan pada 2019.