Setelah Sembilan Tahun Menjabat, Susan Wojcicki Mundur dari CEO YouTube
Mantan CEO YouTube, Susan Wojcicki (foto: YouTube)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah 25 tahun bergabung di Google, dan sembilan tahun menjabat sebagai CEO YouTube, Susan Wojcicki memutuskan untuk hengkang dari jabatannya pada Kamis, 16 Februari. 

Diumumkan pertama kali melalui email kepada karyawan YouTube dan kemudian diposting ke blog YouTube, Susan mengatakan bahwa sekarang ia ingin fokus kepada keluarganya. 

"Hari ini, setelah hampir 25 tahun di sini, saya memutuskan untuk mundur dari peran saya sebagai pimpinan YouTube dan memulai babak baru yang berfokus pada proyek keluarga, kesehatan, dan pribadi yang saya sukai," tulis Susan. 

Selama masa jabatannya sebagai CEO, Susan berhasil membawa timnya ke kinerja yang luar biasa dengan meluncurkan produk-produk besar seperti YouTube TV, YouTube Music, serta Premium dan Shorts. 

Mundurnya Susan dari CEO ini memberikan kesempatan bagi Neal Mohan untuk menggantikan posisinya sebagai SPV dan pemimpin baru YouTube.  

"Saya telah menghabiskan hampir 15 tahun karir saya bekerja dengan Neal, pertama ketika dia datang ke Google dengan akuisisi DoubleClick pada tahun 2007 dan ketika perannya berkembang menjadi SVP Iklan Bergambar dan Video," ungkap mantan CEO YouTube itu. 

Menurut Susan, Mohan sangat memahami produk, bisnis, komunitas pencipta dan pengguna, dan karyawan YouTube sejak saat ia bergabung sebagai CPO YouTube tahun 2015 lalu. Susan yakin, Neal akan menjadi pemimpin hebat untuk YouTube.

"Dengan semua yang kami lakukan di Shorts, streaming, dan langganan, bersama dengan janji AI, peluang YouTube yang paling menarik ada di depan, dan Neal adalah orang yang tepat untuk memimpin kami," tambahnya.