YouTube Luncurkan <i>Creator Music</i>, Bisa Beli Musik Berlisensi untuk Ditambahkan ke Video
YouTube luncurkan Creator Music di AS (foto: YouTube)

Bagikan:

JAKARTA - YouTube telah meluncurkan fitur barunya bernama Creator Music, yang berfungsi untuk membantu kreator dalam monetisasi konten video mereka. 

Dalam pengumuman yang dibagikan Senin, 13 Februari, YouTube juga mengatakan bahwa Creator Music ini akan mempermudah para kreator yang ada di Program Mitra YouTube (YPP) dalam mengakses katalog musik untuk digunakan dalam video mereka. 

Diluncurkan pertama kali di AS, fitur ini akan dirilis dalam beberapa minggu mendatang dan terus mengeksplorasi ekspansi ke lebih banyak negara pada tahun 2023.

Bagaimana cara kerja Creator Music?

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengakses Creator Music langsung dari YouTube Studio di komputer Anda. Setelah itu, telusuri trek tertentu sesuai kebutuhan Anda. Dari sana, Anda akan melihat ikon yang mewakili berbagai istilah penggunaan yang dimiliki lagu dalam Creator Music

Kemudian, di bagian harga sebelah kanan, Anda akan dapat melihat apakah Anda dapat membeli lisensi musik tersebut di muka atau berbagi pendapatan dengan artis dan pemegang hak musik terkait. 

Dengan Creator Music, Anda mungkin melihat opsi berikut jika sebuah lagu memenuhi syarat:

  1. Beli lisensi untuk menggunakan musik: Jika Anda membeli lisensi, tinjau persyaratan lisensi, periksa, dan kemudian Anda dapat mengunduh lagu dan menambahkannya ke video saat mengedit.
  2. Bayar musik dengan berbagi pendapatan dengan artis dan pemegang hak musik terkait. Artinya, Anda tidak akan membayar lisensi musik kepada pemegang hak, melainkan Anda akan membayarnya dengan berbagi sebagian pendapatan video dengan pemegang hak cipta lagu.