Bagikan:

JAKARTA - Pengemudi mobil Tesla di Eropa mengalami masalah saat menggunakan aplikasi ponsel mereka. Pengguna melaporkan bahwa aplikasi menunjukkan pesan "503 Server Maintenance" ketika mereka mencoba menggunakannya. Beberapa pengemudi juga mengeluh bahwa mereka tidak dapat terhubung ke sistem pengisian baterai Powerwall di rumah mereka. Masalah ini tidak mempengaruhi pengguna di China karena sistem tersebut berbasis di tempat lain.

Seorang pengguna bernama Richard mengeluh di Twitter: "Aplikasi Tesla telah down selama 6 jam sekarang di Inggris. Sedikit komunikasi akan baik."

Sementara itu, Kelvin Capalot dari Swiss khawatir tidak bisa membuka mobilnya tanpa menggunakan aplikasi karena ia meninggalkan kartu kunci di rumah. Namun, Mehdi Moha memberikan kabar baik bahwa ia masih bisa membuka mobilnya dengan menggunakan ponsel.

Kejadian ini terjadi hanya satu setengah bulan setelah AA melaporkan bahwa permintaan untuk titik pengisian listrik untuk mobil Tesla dan mobil listrik lainnya tidak terpenuhi oleh pemerintah. Pada Desember tahun lalu, pengguna mobil Tesla terpaksa mengantri di South Mimms Services.

"Pertumbuhan penjualan mobil listrik adalah kabar baik, tetapi kecepatan pemasangan pengisi daya yang tersedia untuk umum tidak sejalan dengan permintaan yang dihasilkan. Tidak ada formalisasi antrian di lokasi yang populer. Kadang-kadang antriannya kecil dan jelas sehingga pengemudi dapat saling berbicara tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pengisian daya. Kadang-kadang ada antrian panjang dan ketegangan mungkin meningkat ketika orang-orang - baik tidak sengaja atau sengaja - memotong antrian," kata Jack Cousens, kepala kebijakan jalan raya di AA kepada Daily Mail.

Cousens menambahkan, "Solusinya harus dua, kita membutuhkan lebih banyak titik pengisian daya, tetapi kita juga membutuhkan kecepatan pengisi daya yang tepat di lokasi yang tepat. Pemerintah memiliki target untuk menyediakan 300.000 titik pengisian daya yang tersedia untuk umum pada tahun 2030, tetapi saat ini hanya ada sekitar 35.000 titik pengisian daya. Jelas bahwa kita membutuhkan tindakan lebih sekarang untuk memenuhi kebutuhan pengemudi mobil listrik."

Menurut data dari Zap Map, saat ini ada 6.712 perangkat pengisian daya cepat dan ultra-cepat di lokasi-lokasi di Inggris yang melayani lebih dari 420.000 mobil listrik. Anggota kelompok Facebook bernama 'Tesla Owners Club UK' juga mengeluhkan antrian yang panjang di lokasi pengisian daya. Beberapa di antaranya meminta agar lebih banyak titik pengisian daya diinstal di seluruh Inggris.