Pihak Berwenang Inggris Gerebek ATM Kripto Ilegal yang Beroperasi di Kota Leeds
Otoritas Inggris sidak ATM kripto ilegal. (Foto; Dok. Yahoo Finance)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa lokasi di sekitar kota Leeds telah digerebek oleh pihak berwenang Inggris dalam tindakan keras terhadap ATM kripto ilegal. Penggerebekan tersebut dilakukan setelah penyelidikan bersama antara Financial Conduct Authority (FCA), regulator keuangan utama negara, dan Unit Intelijen dan Investigasi Digital Kepolisian Yorkshire Barat.

FCA mengumumkan pada Selasa 14 Februari bahwa mereka "telah menggunakan kekuatannya untuk memasuki dan memeriksa beberapa situs di sekitar Leeds yang dicurigai menjadi tuan rumah ATM kripto yang dioperasikan secara ilegal." FCA menegaskan bahwa "Penyedia pertukaran kripto, termasuk operator ATM kripto, di Inggris harus terdaftar di FCA dan mematuhi peraturan pencucian uang Inggris," serta menegaskan bahwa "tidak ada operator ATM kripto yang saat ini memiliki registrasi FCA."

Regulator keuangan Inggris juga mencatat bahwa mereka "bekerja sama dengan berbagai mitra penegak hukum, termasuk kepolisian setempat, untuk mengganggu dan menonaktifkan ATM kripto ilegal." FCA menyatakan bahwa mereka akan meninjau bukti yang dikumpulkan selama penggerebekan dan "mempertimbangkan tindakan penegakan hukum lebih lanjut."

Kepolisian Yorkshire Barat telah mengidentifikasi beberapa ATM kripto ilegal yang beroperasi di wilayah mereka. Hal ini terungkap setelah tim Force Cyber melakukan penyelidikan dan pengumpulan bukti di seluruh Yorkshire Barat.

Pengungkapan ini memperkuat peringatan yang dikeluarkan oleh pengawas keuangan Inggris pada bulan Maret tahun lalu, bahwa tidak ada perusahaan aset kripto yang terdaftar di Inggris yang disetujui untuk menawarkan layanan ATM kripto. Oleh karena itu, mesin ATM kripto yang beroperasi di Inggris tanpa izin dianggap ilegal.

Dalam keterangannya, Sersan detektif Lindsey Brants dari tim Force Cyber menjelaskan bahwa mereka telah menemukan beberapa lokasi ATM kripto yang aktif di Yorkshire Barat dan telah mengeluarkan surat peringatan kepada operator mesin tersebut untuk berhenti menggunakan mesin tersebut. Ia juga menegaskan bahwa setiap pelanggaran peraturan akan mengakibatkan penyelidikan berdasarkan peraturan pencucian uang.

Direktur eksekutif Penegakan dan Pengawasan Pasar di FCA, Mark Steward, mengatakan bahwa mereka akan terus mengidentifikasi dan mengganggu bisnis kripto yang tidak terdaftar yang beroperasi di Inggris. Namun, ia memperingatkan bahwa produk kripto itu sendiri saat ini tidak diatur dan berisiko tinggi, dan orang harus bersiap-siap kehilangan semua uang mereka jika berinvestasi di dalamnya.

Bisnis kripto yang beroperasi di Inggris harus terdaftar di FCA untuk tujuan anti pencucian uang. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk menggunakan mesin ATM kripto yang hanya dioperasikan oleh perusahaan aset kripto yang terdaftar di FCA untuk meminimalisir risiko dan menghindari penggunaan mesin ATM kripto ilegal.