Miliki Paten e-Bike, CEO Rivian Kembali Kembangkan Sepeda Listrik
CEO Rivian RJ Scaringe ingin kembangkan e-bike. (foto: twitter @RJScaringe)

Bagikan:

JAKARTA – Dilaporkan oleh Bloomberg News baru-baru ini, perusahaan pembuat mobil listrik Rivian sedang mengembangkan sepeda listrik. CEO RJ Scaringe rupanya memberi tahu staf tentang upaya e-bike selama rapat perusahaan pada  Jumat, 3 Februari,  dan mencatat bahwa tim kecil saat ini sedang mengerjakannya.

Bloomberg mengatakan tidak jelas apakah Scaringe berbicara tentang sepeda dengan bantuan baterai (alias e-bike) atau sepeda motor listrik. Namun, Scaringe telah mencoba masuk ke bisnis mikromobilitas di masa lalu dan perusahaan memiliki paten untuk desain dan komponen e-bike.

Rivian adalah sebuah perusahaan otomotif baru yang berbasis di Amerika Serikat, sebenarnya sejak lama  berencana untuk membuat sepeda listrik (e-bike). Detail tentang desain dan spesifikasi e-bike tersebut belum dirilis secara resmi oleh perusahaan.

Namun, mengingat Rivian dikenal sebagai perusahaan yang menekankan pada inovasi dan teknologi tinggi, e-bike yang akan mereka buat diprediksi akan memiliki desain yang futuristik dan dilengkapi dengan fitur canggih.

Terlepas dari semua hype di balik EV, sepeda listrik sebenarnya telah terjual lebih banyak dibandingkan mobil listrik dan mobil hibrida plug-in di AS sejak 2021. Di Eropa, bahkan penjualan e-bike berada di jalur yang tepat untuk menyalip jumlah semua mobil yang terjual, listrik atau tidak. Itu adalah sektor yang menggoda untuk dimasuki oleh perusahaan yang mencoba mencari jalan menuju profitabilitas.

Pekan lalu, Rivian memberhentikan sekitar enam persen tenaga kerjanya untuk kedua kalinya dalam waktu kurang dari setahun sebagai bagian dari upaya pemotongan biaya secara luas. Rivian telah berjuang untuk mencapai target manufaktur di tengah masalah rantai pasokan dan perang harga EV yang menjulang.

Terlepas dari peluang pendapatan yang disajikan oleh kategori baru, pembuat mobil belum menemukan kesuksesan penting dengan sepeda elektronik mereka meskipun merek seperti Porsche, Mercedes, Jeep, GM, Hummer, dan lainnya, semua telah mencobanya.

Bahkan e-bike kesayangan seperti Rad Power dan VanMoof baru-baru ini berjuang setelah menemukan kesuksesan selama penguncian COVID.