ChatGPT Pecahkan Rekor Pertumbuhan di Internet, 100 Juta Pengguna Hanya Dalam Dua Bulan
Open AI alami peningkatan pengguna di ChatGPT. (foto: dok. openai)

Bagikan:

JAKARTA - ChatGPT, chatbot populer dari OpenAI, diperkirakan telah mencapai 100 juta pengguna aktif bulanan di bulan Januari, atau hanya dua bulan setelah diluncurkan. Menurut sebuah studi UBS pada Rabu, 1 Februari, ini menjadikannya aplikasi konsumen dengan pertumbuhan tercepat dalam sejarah,

Laporan tersebut, mengutip data dari firma analitik, Similar Web, mengatakan sekitar 13 juta pengunjung unik menggunakan ChatGPT per hari di bulan Januari, lebih dari dua kali lipat level di bulan Desember.

“Dalam 20 tahun setelah ruang internet muncul, kami tidak dapat mengingat peningkatan yang lebih cepat di aplikasi internet konsumen,” tulis analis UBS dalam catatan tersebut.

Web serupa tidak segera menanggapi permintaan untuk mengonfirmasi angka tersebut. OpenAI, sebuah perusahaan swasta yang didukung oleh Microsoft Corp, meluncurkan ChatGPT pada akhir November.

Menurut data dari Sensor Tower, TikTok membutuhkan waktu sekitar sembilan bulan setelah peluncuran globalnya untuk menambah 100 juta pengguna dan Instagram membutuhkan waktu 2-1/2 tahun untuk mencapai jumlah itu.

ChatGPT saat ini gratis untuk digunakan. Perusahaan pada Kamis 2 Februari juga meluncurkan fitur langganan 20 dolar AS per bulan yang menyediakan layanan yang lebih stabil dan lebih cepat serta kesempatan untuk mencoba fitur baru terlebih dahulu.

Analis percaya peluncuran viral ChatGPT akan memberi OpenAI keunggulan penggerak pertama dibandingkan perusahaan AI lainnya. Meningkatnya penggunaan, sambil menambahkan sejumlah besar biaya komputasi, juga memberikan umpan balik yang berharga untuk membantu melatih respons chatbot.

Namun alat ini juga menimbulkan pertanyaan tentang ketidakjujuran akademis dan adanya informasi yang salah dari jawabannya.