Pendiri Microsoft Percaya ChatGPT Sama Pentingnya dengan Penemuan Internet
Bill Gates percaya dengan masa depan ChatGPT (foto: Ist)

Bagikan:

JAKARTA - Masifnya perkembangan ChatGPT yang baru diluncurkan sejak Desember lalu tampaknya mencuri perhatian para eksekutif perusahaan teknologi di seluruh dunia. 

Salah satunya adalah pendiri Microsoft, Bill Gates yang mengatakan kepercayaannya terhadap masa depan dari chatbot milik OpenAI, ChatGPT

Menurutnya, sebuah chatbot yang bisa memberikan respon mirip dengan respon manusia terhadap permintaan pengguna itu sama pentingnya dengan penemuan internet.

"Sampai sekarang kecerdasan buatan bisa membaca dan menulis, tapi tidak bisa memahami isinya," katanya kepada harian bisnis Jerman Handelsblatt dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada hari Jumat, melansir Reuters

Lebih lanjut, menurut Gates, program baru seperti ChatGPT ini akan suatu pekerjaan menjadi lebih mudah dan juga lebih efisien dari sekarang. 

"Program baru seperti ChatGPT akan membuat banyak pekerjaan kantor lebih efisien dengan membantu menulis faktur atau surat. Ini akan mengubah dunia kita," ujarnya.

ChatGPT merupakan sebuah chatbot yang dikembangkan oleh perusahaan AS OpenAI dan didukung oleh Microsoft Corp, yang dapat menjawab permintaan atau pertanyaan dari penggunanya dengan memanfaatkan kecerdasan buatan. 

Berdasarkan apa yang telah dilaporkan VOI sebelumnya, ChatGPT diperkirakan telah mencapai 100 juta pengguna aktif bulanan di bulan Januari, atau hanya dua bulan setelah diluncurkan. 

Menurut sebuah studi UBS pada Rabu, 1 Februari, ini menjadikan ChatGPT sebagai aplikasi konsumen dengan pertumbuhan tercepat dalam sejarah. 

Saat ini bahkan banyak perusahaan teknologi besar yang sedang bekerja untuk menyaingi ChatGPT, termasuk Quora, Alibaba, hingga raksasa pencarian Google yang meluncurkan Bard sebagai chatbot buatannya.