Seniman Nigeria Gunakan AI Tampilkan Orang Lanjut Usia Afrika di <i>Cat Walk</i>
Ilustrasi Gambar AI yang diciptakan Malik Afegbua. (foto: twitter @africa_tales)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang seniman Nigeria menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk membayangkan kembali kehidupan orang lanjut usia Afrika dengan menampilkan gambar dan video yang mirip dengan kehidupan nyata saat mereka berjalan di cat walk dan di pantai.

Malik Afegbua yang juga seorang sineas mengatakan karena banyak lansia yang terpinggirkan di masyarakat, khususnya di dunia fashion, ia mulai membayangkan bagaimana rupa mereka jika menjadi model. Afegbua pun mulai memposting beberapa karyanya di media sosial dan menjadi viral.

Dia muncul dengan ide "Elders Series", katalog gambar dan video yang memperlihatkan wanita berambut putih dan pria berjanggut mondar-mandir di landasan pacu untuk peragaan busana virtual dalam pakaian Afrosentris, termasuk ikat leher dan lengan hias.

"Jadi saya ingin ... membayangkan orang tua di tempat yang tidak berada di ruang sedih atau dalam keadaan tertindas," kata Afegbua kepada Reuters. "Namun, ketika saya membuatnya, saya agak tahu ada sesuatu di sana. Saya seperti obat bius. Saya menyukai apa yang saya lihat."

Afegbua tidak selalu seorang seniman. Dia belajar bisnis di universitas tetapi terjun ke dunia film setelah seorang teman membelikannya kamera pada tahun 2011.

Dia mengatakan ide untuk menjelajahi dunia yang berbeda untuk orang tua datang ketika ibunya yang sudah lanjut usia jatuh sakit. Menggunakan aplikasi kecerdasan buatan, dia mulai membuat konten yang menunjukkan sisi cerah dari usia tua.