Tahun Ini Twitch Bakal Luncurkan Banyak Fitur, Kendali di Tangan Anda
Inilah logo Twitch. (dok. Twitch)

Bagikan:

JAKARTA - Twitch baru saja membagikan peta jalan untuk fitur yang sedang dikerjakannya di tahun ini. Di antaranya yang paling menarik adalah bagaimana cara iklan dijalankan.

Diketahui, salah satu bagian terburuk dari Twitch yakni saat pengguna streaming konten, mereka kerap terganggu oleh iklan, bahkan sebelum streaming dimulai mereka akan disuguhi iklan yang berdurasi tiga menit.

Pendekatan Baru

Sekarang, Twitch ingin memperbaiki kedua hal itu. Dalam unggahan blog, perusahaan mengumumkan banyak fitur baru untuk streamer. Selain itu, terungkap juga Twitch telah mengambil pendekatan baru untuk iklan pre-roll dan mid-roll.

Peningkatan pertama yang dilakukan perusahaan adalah menonaktifkan iklan pre-roll untuk streamer yang menjalankan setidaknya tiga menit iklan per jam. Perusahaan ini juga menghadirkan Picture-by-Picture ke mayoritas iklan pre-roll.

"Pada paruh pertama tahun ini, kami melakukan dua perubahan untuk meningkatkan cara kerja iklan bagi streamer dan penonton. Pertama, kami memperbarui cara kerja penonaktifan pra-putar untuk saluran," ungkap Chief Product Officer Tom Verrilli dan Chief Monetization Officer Mike Minton, dalam blog perusahaan.

"Menjalankan tiga menit iklan per jam dengan cara apa pun akan menonaktifkan semua pre-roll, mereka tidak lagi harus dibagi menjadi iklan 90 detik setiap 30 menit. Kedua, kami menerapkan pengalaman Picture-by-Picture kami ke sebagian besar pre-roll yang dilihat penonton," imbuhnya.

Iklan pre-roll kerap menjadi masalah bagi streamer dan penonton. Jika mereka mengeklik saluran yang menarik saat menjelajahi Twitch, mungkin ada iklan hingga tiga menit untuk ditayangkan bahkan sebelum melihat kontennya.

Dengan Picture-by-Picture tampaknya merupakan solusi yang layak, karena setidaknya penonton dapat melihat konten yang menarik minat mereka tanpa iklan sementara Twitch mendapatkan waktu iklan yang ditentukan.

Selain itu melansir The Verge, Senin, 30 Januari, Twitch juga sedang bereksperimen dengan cara-cara untuk memberi tahu penonton dimana iklan sedang ditayangkan selama streaming, dan bahkan mungkin menyertakan opsi tunda untuk iklan mid-roll.

Twitch juga sedang mengerjakan aset khusus yang dapat digunakan streamer untuk kesepakatan sponsor agar lebih efektif dan autentik di platform, sehingga menjadikannya lebih menguntungkan bagi streamer dan berdampak bagi merek.

"Dimulai dengan skin channel dan grafik bermerek yang dapat diklik, streamer dapat dengan mudah menempatkan aset merek ini ke streaming, di atas chat, dan tempat lain di halaman channel Anda untuk pengalaman sponsor yang tidak terlalu mengganggu dan lebih menarik," ujar Verrilli dan Minton.

Perusahaan akan meluncurkan alat untuk membantu streamer mengedit dan mengekspor klip dari VOD yang dioptimalkan untuk format video bentuk pendek vertikal.

Terakhir, Twitch menyatakan mereka juga berencana untuk meluncurkan Twitch Turbo, yang akan memberikan pengalaman menonton bebas iklan pada akhir tahun ini.