Skoda Auto Pangkas Produksinya karena Keterbatasan Chip  untuk Kendaraan
Skoda Auto, telah memangkas produksinya pekan ini karena keterbatasan chip. (foto: twitter @skodaautonews)

Bagikan:

JAKARTA - Berdasarkan berita yang disampaikan, Skoda Auto, anak perusahaan Volkswagen itu telah memangkas produksinya pekan ini karena keterbatasan chip. Hal ini mengakibatkan beberapa shift dalam produksi model mobil seperti Octavia, Enyaq, Fabia, Scala, dan Kamiq akan dibatalkan.

Serikat pekerja mengatakan bahwa situasi produksi kembali memburuk setelah sempat muncul optimisme pada minggu pertama tahun ini.

"Setelah optimis minggu pertama tahun ini, situasi produksi kembali memburuk," kata serikat pekerja dalam buletin mingguan Skodovacky Odborar, dikutip Reuters.

Kelangkaan chip untuk pembuatan kendaraan di Eropa sebenarnya terjadi karena beberapa faktor. Seperti permintaan chip untuk kendaraan dan peralatan elektronik lainnya saat ini sangat tinggi karena permintaan produk elektronik secara umum meningkat.

Kemudian adanya gangguan dalam supply chain, seperti pandemi COVID-19 dan perlambatan pengiriman, memperburuk situasi kelangkaan chip.

BACA JUGA:


- https://voi.id/teknologi/249058/gegara-openai-proyek-kripto-yang-fokus-pada-artificial-intelligence-meroket-ratusan-persen

- https://voi.id/teknologi/249201/cara-alihkan-akun-publik-instagram-anda-ke-akun-pribadi-dan-sebaliknya

- https://voi.id/teknologi/249058/gegara-openai-proyek-kripto-yang-fokus-pada-artificial-intelligence-meroket-ratusan-persen

- https://voi.id/teknologi/249251/ceo-xbox-tahun-2022-jadi-tahun-yang-cukup-mengecewakan-untuk-xbox

- https://voi.id/teknologi/249298/tahun-ini-twitch-bakal-luncurkan-banyak-fitur-kendali-di-tangan-anda

[/see_also

Penyebab lainnya adalah kapasitas produksi chip terbatas dan beberapa produsen chip mengalami masalah teknis, yang menyebabkan penurunan produksi dan keterlambatan pengiriman.

Sementara itu beberapa produsen chip sedang mengalihkan produksi untuk memenuhi permintaan dari pasar smartphone dan data center, mengurangi ketersediaan chip untuk sektor kendaraan.

Semua faktor ini bersama-sama menyebabkan kelangkaan chip untuk pabrik kendaraan di Eropa dan mempengaruhi produksi mobil dan peralatan elektronik lainnya.