Bagikan:

JAKARTA - Skoda, pabrikan asal Ceko mengumumkan beberapa peningkatan besar pada Enyaq untuk model tahun 2024, menghadirkan jangkauan yang lebih jauh serta kemampuan pengisian daya lebih cepat.

Diketahui, Enyaq merupakan kendaraan listrik pertama yang diproduksi oleh Skoda Auto yang berada di bawah naungan Volkswagen Group dan diperkenalkan pada bulan September 2020 di Kota Praha.

Enyaq ini cukup laris di pasaran Eropa bahkan menurut data Clean Technica menjadi BEV terlaris di bulan Oktober 2023 di Jerman dengan total terjual 2.579 unit, sekaligus menempati posisi teratas dengan diikuti oleh Audi Q4 e-tron (1.867 unit) dan Fiat 500e (1.760 unit).

Dilansir dari laman resmi Skoda, Jumat, 8 Desember, peningkatan ini hasil dari pengenalan motor belakang baru dan baterai yang dioptimalkan. Tiga varian dari model Enyaq, yaitu 85, 85x, dan RS (termasuk varian Coupe), semuanya mendapatkan drivetrain baru yang memperkuat performa mereka.

"Kami telah menguji secara menyeluruh semua komponen perangkat keras dan perangkat lunak, dan kami telah merevisi dan mengoptimalkannya lebih lanjut dengan hati-hati. Motor listrik baru yang lebih efisien dan bertenaga untuk model Enyaq 2024 kami menghadirkan peningkatan tenaga, torsi lebih besar, dan jangkauan lebih jauh," ungkap Johannes Neft, Anggota Dewan Otomotif Škoda untuk Pengembangan Teknis.

7

Berikut adalah detail peningkatan berdasarkan data dari Skoda:

Skoda Enyaq 85

Konfigurasi Enyaq 85 kini memiliki jangkauan hingga 565 km dengan satu pengisian, meningkat dari sebelumnya 548 km. Daya maksimum yang semula 150 kW kini mencapai 210 kW. Perubahan ini diperoleh berkat motor baru yang dipasang di bagian belakang, yang tidak hanya lebih bertenaga tetapi juga lebih efisien. Kecepatan pengisian baterai tetap tidak mengalami perubahan.

7
Enyaq 85

Skoda Enyaq 85x

Varian 85x kini mengisi daya dari 10 hingga 80 persen dalam 28 menit, 6 menit lebih cepat berkat kecepatan pengisian daya maksimal 175 kW yang baru. Jangkauannya naik dari 524 km menjadi 538 km, sementara keluaran tenaga dari 195 kW menjadi 210 kW.

7
Enyaq coupe RS

Skoda Enyaq RS

Enyaq RS mengalami peningkatan tenaga sebesar 30 kW, mencapai 250 kW, sementara jangkauannya meningkat menjadi 541 km dari sebelumnya 517 km. Kecepatan pengisian tetap sama dengan 85x, yaitu 175 kW, sehingga siklus pengisian daya 10-80 persen akan memakan waktu 28 menit.

Selain peningkatan perangkat keras, Skoda juga memperkenalkan fitur prakondisi baru untuk baterai. Sistem manajemen baterai dapat membawa baterai ke suhu optimal sebelum tiba di stasiun pengisian daya, baik secara manual maupun otomatis, bergantung pada suhu baterai saat ini dan data navigasi mobil.