Perangkat Lunak Apple untuk Membuat Aplikasi AR Akan Dikerjakan oleh Fabric Software
Ilustrasi headset realitas campuran Apple (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Apple dikabarkan sedang mengembangkan sebuah perangkat lunak yang dapat membantu pengguna headset realitas campurannya dalam membuat aplikasi Augmented Reality (AR) nya sendiri dengan menggunakan bantuan Siri.

Laporan dari sumber terpercaya The Information mengatakan bahwa alasan Apple mengembangkan perangkat ini juga untuk mendorong penjualan headset realitas campurannya.

Dengan perangkat lunak ini, raksasa teknologi itu berharap, orang yang tidak mengetahui ilmu tentang kode komputer pun nantinya dapat memberitahu headset, melalui asisten suara Siri, untuk membuat aplikasi AR yang kemudian akan tersedia di App Store untuk diunduh orang lain.

Contohnya, Anda dapat meminta asisten suara untuk membuat hewan digital berlarian di sekitar ruangan tanpa memerlukan perangkat lunak pemodelan, animasi, atau pemrograman konvensional.

Dikatakan juga bahwa alat pembuat aplikasi AR ini didasarkan pada teknologi dari Fabric Software, sebuah perusahaan Kanada yang dibeli secara diam-diam oleh Apple pada tahun 2017 silam.

Fabric Engine merupakan sebuah teknologi yang dikembangkan Fabric Software, yang diklaim mampu membuat lingkungan dan objek menggunakan generasi prosedural, teknik yang digunakan dalam gim seperti No Man's Sky.

Co-founder Fabric, Peter Zion, juga diyakini akan menjalankan proyek alat pengembangan aplikasi AR ini. Apple juga membeli DigitalRune, yang berusaha mempermudah pengembangan fim 3D, pada tahun 2016.

Sementara itu, Apple juga dikabarkan hampir siap untuk meluncurkan headset realitas campuran pertamanya tahun ini. Meski demikian, belum banyak detail yang terungkap untuk itu.