Amazon Terjun ke NFT, Bakal Luncurkan <i>Marketplace</i> Aset Digital?
Amazon luncurkan NFT. (Foto; Dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Amazon, raksasa retail global, dilaporkan akan meluncurkan perusahaan aset digital dan pasar NFT-nya pada musim semi ini. Menurut sumber yang diwawancarai oleh outlet media Blockworks, perusahaan tersebut telah membeli perusahaan koleksi digital dari berbagai pemain di ekosistem kripto untuk mendukung usaha barunya.

Amazon telah berinvestasi di blockchain layer-1 dan perusahaan game kripto serta mempekerjakan pengembang dari perusahaan NFT dan pertukaran mata uang kripto untuk unit blockchain-nya sendiri. Langkah tersebut akan menjadi signifikan bagi industri game kripto yang telah mengalami penurunan pemain karena beberapa penipuan proyek yang melanda pasar pada akhir 2021.

Amazon tampaknya tidak khawatir dengan data tersebut. Pasalnya perusahaan telah menyaksikan saat-saat terbaik untuk game kripto ketika banyak dari proyek tersebut terpaksa memperluas layanan penyimpanan yang ditawarkan oleh Amazon Web Services sebagai dampak meningkatnya permintaan pemain besar.

Kehadiran Amazon sangat penting bagi ekosistem kripto, karena akan menarik banyak pemain yang menunggu saat yang tepat untuk kembali ke industri game kripto.

"Kami tahu itu mungkin, [...] Tapi sekarang sepertinya itu benar-benar terjadi. Hal ini akan memengaruhi para pemain yang sudah ada di ruang tersebut - jika mereka mengeksekusi dan melakukannya dengan benar dan cerdas," tulis pihak Amazon.

Kini, Amazon dikabarkan akan menjalankan platform NFT baru untuk memiliki kendali penuh atas platform yang berpotensi menjadi yang terbesar di industri NFT. Platform baru Amazon ini diharapkan dapat menjadi pemain penting dalam industri NFT, khususnya mengingat jumlah pengguna Amazon yang besar.

Saat ini tidak diketahui apakah platform baru Amazon akan berusaha untuk bersaing secara langsung dengan pasar NFT besar seperti OpenSea, Rarible, atau Samsung NFT Platform terbaru atau apakah itu akan lebih fokus pada gim kripto mengingat Amazon memiliki Twitch.

Namun, masuknya Amazon ke dalam ekosistem kripto diharapkan dapat menarik banyak investor yang mengetahui potensi industri yang sedang berkembang dan memiliki banyak ruang untuk perbaikan dan pertumbuhan di dalam industri game yang lebih luas.