Google Uji Coba Fitur yang Bisa Mengukur Jarak Antara Perangkat Bluetooth Terhubung
Google akan memberikan peningkatan pada Bluetooth untuk membuatnya semakin berguna. (foto: twitter @MishaalRahman)

Bagikan:

JAKARTA - Banyak yang bisa dilakukan Bluetooth, dari mulai untuk menggunakan mouse nirkabel hingga menghubungkan earphone untuk mendengarkan musik. Tetapi, bukan berarti Bluetooth tidak memiliki batasan, yakni salah satunya data lokasi.

Sekarang, sepertinya Google akan memberikan peningkatan pada Bluetooth untuk membuatnya semakin berguna, karena perusahaan dilaporkan sedang mengerjakan Bluetooth Distance Measurement API yang baru.

Fitur tersebut pertama kali terlihat Senior Technical Editor dari Esper, Mishaal Rahman yang mengungkapkannya melalui akun Twitter-nya, dan Google sudah menambahkan kode untuk itu ke AOSP.

Meskipun tidak terlalu tepat dengan pengukuran jaraknya, alat ini seharusnya dapat mengetahui apakah sebuah ponsel berjarak lebih atau kurang dari 1 meter dari perangkat Bluetooth yang terhubung.

API baru akan menggunakan Bluetooth RSSI, atau Received Signal Strength Indicator untuk mengukur jarak antara ponsel dan perangkat yang terhubung.

Melansir Android Police, Jumat, 20 Januari, jadi meskipun ini mungkin tidak dapat mengarahkan pengguna ponsel ke arah yang benar dari headphone mereka yang hilang, fitur ini pasti dapat memberi tahu pengguna saat semakin dekat dengan perangkat yang dicari.

Perlu dicatat, fitur ini tidak akan berfungsi seperti Apple AirTags yang mengarahkan pengguna ke arah yang benar dari aksesori Bluetooth yang hilang.

Bluetooth Distance Measurement hanya akan memberi tahu jika pengguna semakin dekat atau tidak dengan perangkat. Mengenai kedatangan fitur ini, kemungkinan harus menunggu hingga Android 14 tiba.