Bagikan:

JAKARTA – Pada pembukaan acara Consumer Electronics Show (CES) 2024 beberapa waktu lalu, Google mengumumkan bahwa mereka akan menambahkan kemampuan Fast Pair di Google TV.

Fast Pair merupakan sistem memasangkan atau memulai perangkat dengan cepat menggunakan deteksi otomatis. Dengan menambahkan fitur ini ke Google TV, perangkat tersebut bisa langsung tersambung dengan perangkat audio yang dilengkapi Bluetooth.

Google mengatakan bahwa Fast Pair akan diluncurkan ke perangkat Google TV dengan dukungan Chromecast bulan depan. Sistem ini akan diperluas ke lebih banyak perangkat Google TV pada akhir tahun ini.

Sebelum fitur Fast Pair ini diluncurkan, Google TV bisa tersambung ke headphone, earphone, atau perangkat audio lainnya dengan Bluetooth. Namun, cara ini tidak selalu berhasil karena bergantung dari perangkat yang digunakan.

Pemasangan perangkat audio pun tidak berjalan dengan cepat. Pengguna perlu menyalakan Bluetooth terlebih dahulu, melakukan pairing, dan memastikan bahwa perangkat mereka sudah tersambung. Cara ini dinilai tidak efisien.

Wakil Presiden Ekosistem Android Sameer Samat mengatakan dalam keterangan resmi bahwa dukungan Fast Pair ini akan mengatasi masalah pairing yang rumit. Setelah perangkat audio siap untuk tersambung, Google TV akan langsung terhubung dalam satu ketukan.

Sitem Fast Pair ini menunjukkan bahwa perangkat Google TV bisa langsung terhubung dengan perangkat audio tanpa perlu masuk ke Pengaturan Lengkap. Selain itu, kontrol output audio akan memudahkan pengguna dalam beralih ke audio TV bawaan.