Bagikan:

JAKARTA-Twitter mengonfirmasi bahwa mereka sengaja memblokir aplikasi pihak ketiga seperti Tweetbot dan Twitterific setelah beberapa hari hening. Dalam sebuah posting di Twitter, perusahaan menulis bahwa itu "menegakkan aturan API lama", yang "dapat menyebabkan beberapa aplikasi tidak berfungsi."

Sementara pernyataan itu mengkonfirmasi kecurigaan bahwa Twitter sengaja mengunci pengguna dari klien Twitter pihak ketiga, itu bahkan tidak berisi tautan ke aturan yang dirujuk Twitter dan masih tidak memberi tahu publik apa pun tentang apa yang sebenarnya terjadi. Ini adalah pertama kalinya Twitter mengakui masalah ini sejak aplikasi mulai rusak Kamis 12 Januari.

Ketidakjelasan Twitter tidak terlalu mengejutkan, mengingat perusahaan tersebut membongkar tim komunikasinya sebagai bagian dari PHK massal yang dilakukan CEO Twitter Elon Musk. Seorang insinyur senior Twitter dilaporkan memberi tahu karyawan bahwa pemadaman pihak ketiga itu "disengaja" tetapi tidak pernah menjelaskan alasannya. Hal ini terungkap dari pesan internal yang diperoleh The Information.

Situasi ini membuat pengembang, yang mencari nafkah dari aplikasi ini, dan pengguna, yang menggunakannya untuk meningkatkan pengalaman Twitter mereka, frustrasi dan bingung.

Sementara satu aplikasi, Tweetbot, kembali online sebentar selama akhir pekan, itu hanya karena co-creator Paul Haddad menukar kunci API-nya. Ini menempatkan aplikasi dalam keadaan semi-berfungsi dan memungkinkannya melewati larangan untuk sementara.

Klien Twitter lainnya, seperti Albatross dan Fenix versi iOS, terus bekerja, dan  sekali lagi  sama sekali tidak jelas apa yang dilakukan aplikasi ini yang mungkin tidak dilakukan oleh Tweetbot dan Twitterific. Sepertinya Twitter juga tidak berkomunikasi dengan pengembang tentang masalah ini.

"Kami masih belum mendengar apa pun dari siapa pun di Twitter pada tingkat apa pun," kata co-creator Tweetbot, Paul Haddad kepada The Verge. “Jika ada aturan lama yang tanpa disadari telah kami langgar selama lebih dari 10 tahun terakhir, kami ingin mengetahuinya sehingga, jika memungkinkan, kami dapat mematuhinya.”

The Verge telah menghubungi  Twitter untuk meminta komentar tetapi tidak segera mendapatkan balasan.