JAKARTA – Metaverse telah menarik perhatian berbagai perusahaan terkemuka di berbagai dunia, termasuk Meta dan Samsung. Bahkan pemerintah Korea Selatan menggelontorkan dana besar-besaran untuk pengembangan metaverse nasional. Kali ini, pihak yang tertarik terjun ke metaverse adalah industri perfilman India melalui rumah produksi Kannada Film.
Kannada Film berencana meluncurkan filmnya yang berjudul "Made in Bengaluru" akan tersedia di metaverse. Berita ini dibagikan oleh Interality, sebuah perusahaan yang berspesialisasi dalam teknologi realitas campuran (mixed reality).
Sejumlah tokoh penting yang mengusung film tersebut ke metaverse meliputi Pradeep Sastry, penulis dan sutradara, Anant Nag, Saikumar, dan Prakash Belawandi. Film “Made in Bengaluru” menceritakan tiga anak laki-laki yang memiliki impian untuk memulai perusahaan start-up. Tokoh utamanya diperankan oleh Madhusudan Govind.
Dengan tersedianya film “Made in Bengaluru”, penonton dapat berinteraksi dengan pemeran film tersebut di metaverse dengan cara berpartisipasi dalam kuis. Mereka juga bisa melakukan swafoto dengan menggunakan kamera drone.
Peserta kuis teratas akan menerima tiket masuk ke pemutaran perdana film Bengaluru eksklusif pada tanggal 29 Desember. Pengalaman menonton yang unik dan mendalam, Made in Bengaluru menjanjikan untuk menggabungkan sensasi film konvensional dengan kemungkinan realitas virtual yang hampir tak terbatas. Ini merupakan pencapaian besar bagi Kannada Film.
BACA JUGA:
Metaverse adalah realitas digital yang sedang populer. Bagi industri film India, metaverse adalah pengubah permainan (game-changer) dalam mendekatkan penonton dengan film dan pemerannya.
Tidak berhenti sampai di situ, perusahaan produksi film milik produser Bollywood, Vashu Bhagnani, Pooja Entertainment juga melakukan tindakan sama seperti yang dilakukan Kannada Film. Pooja Entertainment memasuki metaverse dengan filmnya yang berjudul “BadeMiyan ChoteMiyan”. Film tersebut dibintangi oleh Akshay Kumar dan Tiger Shroff. Perusahaan ini akan menciptakan pengalaman yang mendalam bagi para penonton bioskop di Poojaverse, sebuah latar virtual.
Kemudian, produsen film Hombale Films juga akan memasuki metaverse lewat film KGF: Chapter 2. Perusahaan akan membawa film tersebut ke metaverse dengan nama “KGFVerse”. Para penggemar film ini bakal bisa menggunakan avatar unik untuk menjelajahi KGFVerse.
Terakhir, film “Radhe Shyam” yang dibintangi oleh Prabhas dan Pooja Hegde memiliki versi khusus di Metaverse. Itu adalah film pertama yang memberikan penonton pilihan untuk mendesain avatar mereka sendiri untuk Metaverse. Sebanyak 2 lakh orang memasuki Metaverse dalam waktu 3 menit setelah peluncurannya, membuat servernya mengalami crash.
Meski demikian, ini adalah upaya industri film India untuk memasuki metaverse dengan menghadirkan pengalaman virtual baru bagi para penggemarnya.