YouTube Uji Coba Fitur Add to Queue untuk Pengguna Android dan iOS
Tangkapan Layar Fitur Add to Queue (foto: dok. 9to5Google)

Bagikan:

JAKARTA - YouTube sedang menguji fitur Tambahkan ke Antrean atau Add to Queue untuk pengguna Android dan iOS, fitur ini sebelumnya telah tersedia di desktop.

Add to Queue adalah fitur tambahkan video yang ingin pengguna tonton selanjutnya setelah selesai menonton video yang sekarang.

Opsi ini akan berfungsi seperti di TV dan web dengan kemampuan untuk menambahkan video apa pun yang pengguna inginkan ke dalam daftar.

Setelah fitur Add to Queue ditayangkan YouTube secara resmi, pengguna dapat mengetuk menu tiga titik di samping video dan memilih opsi Play Last in Queue di bagian paling atas daftar.

Saat digunakan, fitur itu akan ditambahkan ke daftar di bawah mini-player. Pengguna dapat dengan mudah menyeret video untuk mengatur ulang dalam antrean.

Selain itu, pengguna YouTube juga dapat menghapus video dalam antrean dengan menggesek ke kiri. Ada opsi lain untuk mengulangnya. Dengan menutup mini-player juga akan menghapus antrean. Perlu dicatat, fitur ini tidak berlaku untuk YouTube Shorts.

Saat ini, di Android dan iOS, pengguna dapat menggunakan fitur Save To Watch Later atau Save To Playlist untuk kembali ke video yang ingin mereka tonton nanti.

Namun, menggunakan dua fitur itu akan menyimpan video secara permanen, dan pengguna perlu menghapusnya secara manual setelah menontonnya.

Melansir 9to5Google, Jumat, 16 Desember, sayangnya, untuk menikmati fitur Add to Queue, pengguna YouTube harus mengubah akun mereka ke tingkat Premium.

YouTube mengatakan fitur baru tersebut akan tetap dalam pengujian hingga 28 Januari sementara peluncuran resminya belum diketahui pasti kapan.