Elon Musk Akan Menangguhkan Akun yang Menyebar Lokasi Seseorang Secara <i>Real-time</i>
Elon Musk akan tangguhkan akun yang menyebarluaskan lokasi seseorang (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - CEO baru Twitter, Elon Musk akan menangguhkan semua akun yang melakukan doxing atau menyebarluaskan informasi pribadi tentang keberadaan lokasi seseorang secara real-time

Tampaknya, kebijakan baru ini diambil oleh Musk setelah salah satu akun Twitter @Elonjet berhasil melacak lokasi jet pribadi milik Elon Musk beberapa waktu lalu. 

Pada bulan November, Musk sempat mengatakan bahwa akun tersebut adalah "risiko keamanan pribadi langsung" tetapi saat itu dia tidak akan melarangnya sebagai bagian dari komitmennya untuk kebebasan berpendapat di sosial media. 

Selama akhir pekan ini, Jack Sweeney operator di balik akun tersebut, mengklaim bahwa seorang karyawan Twitter anonim telah memberitahunya bahwa perusahaan telah sangat membatasi visibilitas @ElonJet mulai 1 Desember. 

“Dia mengatakan ini adalah kebebasan berbicara dan dia melakukan yang sebaliknya,” kata Sweeney, dalam sebuah wawancara dengan The Associated Press, mengutip Fortune

Tapi kini, Musk mengambil tindakan tegas terhadap akun-akun yang membagikan lokasi seseorang secara real-time karena dianggap sebagai pelanggaran keamanan fisik. 

"Tapi, memposting lokasi yang dikunjungi seseorang dengan sedikit penundaan bukanlah masalah keamanan, jadi tidak masalah," ujar Musk lebih lanjut. 

Dalam tweet lanjutan, Musk mengatakan bahwa saat ini Sweeney sedang ditindak tegas oleh pihak berwajib karena dianggap merugikan keluarganya. 

"Tindakan hukum diambil melawan Sweeney & organisasi yang mendukung kerugian bagi keluarga saya," tandas Musk.