Netizen Minta Elon Musk Pertahankan Akun Twitter Hal Finney yang Jalankan <i>Software</i> Bitcoin
Akun Twitter Hal Finney. (Foto; Dok. Tangkapan layar Twitter @halfin)

Bagikan:

JAKARTA – Di tengah rencana penghapusan 1,5 miliar akun Twitter yang akan dilakukan oleh Elon Musk, pendukung Bitcoin berharap bos Tesla itu tidak menghapus akun Hal Finney, seorang ilmuwan komputer.

Sebagai informasi, Hal Finney adalah orang pertama yang menjalankan software Bitcoin setelah Satoshi Nakamoto mundur dan menghilang dari dunia kripto. Kendati begitu, identitas Satoshi Nakamoto hingga saat ini belum diketahui apakah dia seseorang atau kelompok.

Pendukung kripto membanjiri postingan Elon Musk yang berencana melakukan penghapusan miliaran akun yang tidak aktif dalam waktu yang lama. “Twitter akan segera mulai membebaskan ruang nama dari 1,5 miliar akun," tulis Musk pada 9 Desember 2022.

"Ini adalah penghapusan akun yang jelas tanpa tweet [dan] tidak ada log-in selama bertahun-tahun," tambah Musk.

Salah satu akun yang tidak men-tweet selama bertahun-tahun adalah pengembang perangkat lunak Bitcoin generasi pertama, Hal Finney, @halfin. Selain menjalankan perangkat lunak BTC, Finney juga seorang penerima transaksi Bitcoin pertama yang dikirim melalui jaringan dan dikonfirmasi pada ketinggian blok 170.

“Akun Twitter Hal Finney harus dipertahankan @elonmusk. TOLONG JANGAN DIBERSIHKAN!” tulis salah seorang netizen. Sementara pengguna Twitter lain meminta Musk untuk tidak menghapus akun Finney yang posisinya dinilai penting dalam ruang kripto.

"Tolong jangan hapus akun Hal Finney. Salah satu akun Twitter penting dalam Bitcoin [dan] ruang kripto," pengguna memohon kepada pemilik Twitter.

Akun Hal Finney pertama kali aktif sejak Twitter awal yakni pada 2007. Pada pada 10 Januari 2009, dia menulis dalam postingannya, “Menjalankan bitcoin.” Postingan tersebut mendapatkan lebih dari 55.000 Like. Hingga kini, akun Hal Finney memiliki lebih dari 69.400 follower.

Sosok yang menjalankan perangkat lunak bitcoin itu adalah penerima 10 BTC pertama dari Nakamoto. Selain itu, pencipta Bitcoin juga mengirimkan 22 BTC ke alamat dompet berbeda pada hari yang sama.

Di sisi lain, Finney diduga aktif menambang (mining) blok BTC pertama pada hari berikutnya setelah cuitan 10 Januari. Dilansir Bitcoin.com, blok 78 berafiliasi dengan rangkaian transaksi Finney dan bitcoin yang ditambangnya pada tahun itu, dan sangat mungkin dia menambang blok 78 pada 11 Januari 2009.

Blok 78 tidak hanya terkait dengan rangkaian transaksi Finney pada tahun 2009 dan semua reward coinbase yang dikumpulkannya, tetapi juga terkait dengan transaksi BTC pertama sebesar 10 BTC pada 12 Januari 2009 pukul 03:30 pagi (ET), bitcoin yang awalnya berasal dari blok 9 Bitcoin.

Dalam postingan yang lain, Finney juga menuliskan: "Mencari cara untuk menambahkan lebih banyak anonimitas ke bitcoin," kata Finney pada 21 Januari 2009.

"Berpikir tentang cara mengurangi emisi CO2 dari implementasi Bitcoin secara luas," tulis Finney pada 27 Januari 2009. Karena perannya dalam pengembangan awal Bitcoin, komunitas kripto meminta Elon Musk untuk tidak menghapus akun Twitter milik Hal Finney, @halfin.