Bos Binance Changpeng Zhao Berseteru dengan Bos FTX Sam Bankman-Fried
Changpeng Zhao dan Sam Bankman-Fried. (Foto; Dok. Trust Nodes)

Bagikan:

JAKARTA – Tokoh berpengaruh dalam industri kripto dan pendiri Binance, Changpeng Zhao atau biasa disebut CZ baru-baru dilaporkan sedang berseteru dengan pendiri FTX yang kolaps Sam Bankman-Fried atau SBF.

CZ dikabarkan telah menuding SBF sebagai “penipu” dalam utas Twitter. Selain itu, dia juga mengungkapkan rincian tentang pembelian FTX atas saham Binance di perusahaan. Dia mengatakan SBF "tidak sehat" setelah Binance menarik diri dari investasi FTX-nya.

Melansir DailyCoin, mantan CEO FTX mengklaim bahwa CZ berbohong tentang kesepakatan itu. Menurut SBF, FTX memprakarsai pembelian. Dia juga mengatakan bahwa Binance "mengancam akan berjalan pada menit terakhir" tanpa tambahan 75 juta dolar AS.

"Anda menang. Tidak perlu berbohong, sekarang, tentang pembelian,” kata pendiri dan mantan CEO FTX, Sam Bankman-Fried.

Perseteruan bermula ketika Changpeng Zhao menanggapi wawancaranya dengan mantan juru bicara FTX Kevin O’Leary. Dalam wawancara, O’Leary mengharapkan Binance agar Binance memiliki masalah dengan regulator.

"Tampaknya 15 juta dolar AS tidak hanya mengubah pikiran Kevin O'Leary tentang kripto, itu juga membuatnya selaras dengan penipu. Apakah dia serius membela SBF?" Kata bos Binance Changpeng Zhao.

Sebagaimana diketahui, Kevin O’Leary sempat mengaku mendapat bayaran dari FTX senilai 15 juta dolar AS untuk menjadi influencer FTX. Bahkan, O’Leary sempat memaparkan bahwa FTX mengalami kesulitan disebabkan pembelian saham perusahaan bernilai miliaran dolar dari Binance. Binance adalah investor awal di FTX dan memiliki 20 persen dari bursa.

O'Leary mengatakan bahwa pembelian tersebut merugikan FTX "beberapa miliar dolar”. Selain itu, dia mengatakan dia terpaksa membeli Binance karena masalah regulasi, menunjukkan bahwa regulator tidak nyaman dengan Binance.

Changpeng Zhao langsung merespon pernyataan O’Leary dengan tautan ke lebih dari 470 perusahaan yang diinvestasikan FTX sejak pembelian Binance. Investasi tersebut mencapai total 5,3 miliar dolar AS.