Respon Sam Bankman-Fried Terhadap Rencana CZ, SBF: FTX Baik-baik Saja, Aset Baik-baik Saja
Pendiri FTX dan Alameda Research, Sam Bankman-Fried. (Foto; Dok. Coincu)

Bagikan:

JAKARTA – Pendiri bursa kripto FTX dan perusahaan layanan perdagagan aset digital Alameda Research, Sam Bankman-Fried (SBF) langsung merespon pernyataan bos Binance Changpeng Zhao yang berencana menjual seluruh token asli FTX yakni FTT.

Sebelumnya, Changpeng Zhao mengumumkan bakal menjual semua token FTT yang dimiliki Binance. Keputusan tersebut muncul setelah beberapa hari Alameda Research menjual stablecoin senilai Rp4,5 triliun melalui bursa kripto rekanannya, FTX.

Mengomentari saling balas aksi jual tersebut, Sam Bankman-Fried berkicau di Twitter dengan menyatakan bahwa “FTX baik-baik saja. Aset baik-baik saja,” dengan lebih dari 1 miliar dolar AS dalam bentuk tunai berlebih di tengah rumor krisis likuiditas.

CEO FTX Sam Bankman-Fried telah turun ke Twitter untuk memanggil "pesaing" untuk "mencoba mengejar kami" dan meyakinkan industri bahwa meskipun ada upaya, "FTX baik-baik saja. Aset baik-baik saja."

“FTX memiliki cukup dana untuk menutupi semua kepemilikan klien. Kami tidak menginvestasikan aset klien (bahkan dalam bentuk treasury). Kami telah memproses semua penarikan, dan akan terus berlanjut,” tulis SBF, 7 November 2022.

Ancaman tweet tampaknya merupakan respons terhadap rumor dan spekulasi masalah likuiditas di FTX dan Alameda Research. Desas-desus tersebut mungkin telah memainkan peran dalam keputusan Binance baru-baru ini untuk melikuidasi token FTT senilai 500 juta dolar selama akhir pekan.

SBF memperluas lebih jauh dengan mengklaim bahwa FTX "memiliki cukup (dana) untuk menutupi semua kepemilikan klien" dan akan terus memproses semua penarikan. Dia menutup utasnya dengan pernyataan berikut, menyiratkan bahwa "pesaing" yang disebutkan di atas bisa jadi adalah Binance.

“Saya akan senang, @cz_binance, jika kita bisa bekerja sama untuk ekosistem,” tambah SBF, @SBF_FTX.

CZ telah memposting selama akhir pekan bahwa ia berencana untuk melikuidasi token FTT milik Binance karena "wahyu baru-baru ini yang telah terungkap" tetapi ingin memastikan "dampak pasar" minimal.

Cope, seorang pembuat konten di The Block, menanggapi SBF dengan gambar meme yang menunjukkan rumah yang terbakar bersama dengan keterangan, "FTX baik-baik saja," sebagai contoh utama dari pandangan komunitas tentang pernyataan SBF.

Menariknya, sebagian besar percakapan seputar masalah likuiditas berfokus pada Alameda Research daripada FTX. Pernyataan SBF baru-baru ini tidak merujuk pada Alameda, alih-alih berfokus untuk memastikan komunitas kripto menerima pesan bahwa "FTX baik-baik saja."

Pertanyaan tentang status solvabilitas Alameda dapat berlanjut sampai bukti lebih lanjut disajikan untuk menunjukkan bahwa perusahaan memiliki aset yang cukup untuk mendukung pinjamannya jika token FTT terus turun harganya.

Nilai token FTT terus turun memasuki pasar AS yang dibuka pada 7 November, mencapai 22 dolar pada dini hari. Harga token pulih pada 6 November setelah pernyataan bullish Ellison bahwa Alameda dapat membeli semua token FTT Binance di harga 22 dolar. Namun, pemulihan apa pun sejak itu telah digagalkan karena pergerakan harga terus berupaya mempertahankan nilai 22 dolar AS per token.