Bagikan:

JAKARTA - Steam adalah platform yang tepat untuk para penggemar gim. Selain bisa bermain gim, di sana Anda juga dapat membuat komunitas gim untuk terhubung dengan teman-teman lainnya. 

Ketika seseorang mengunjungi profil Steam Anda, mereka akan dapat melihat gim apa saja yang telah Anda mainkan, selama berapa jam. 

Mungkin untuk sebagian orang, hal itu sangat tidak nyaman. Maka dari itu, Anda dapat mencegah seseorang melihat gim yang telah Anda mainkan di Steam dengan mudah. Simak tutorial berikut ini:

Menyembunyikan Gim Steam yang Pernah Dimainkan

Jika Anda tidak ingin teman gamer Anda mengintip gim yang pernah Anda mainkan, Anda dapat menyembunyikan gim tersebut dari profil Anda.

  1. Luncurkan Steam.
  2. Arahkan kursor ke nama pengguna Anda dan pilih Lihat profil saya
  3. Klik tombol Edit Profil
  4. Pilih pengaturan Privasi
  5. Di samping Detail gim, klik Publik dan setel ke Hanya Teman atau Pribadi jika Anda tidak ingin siapa pun melihat daftar gim yang Anda mainkan. Steam akan otomatis menyimpan pengaturan profil baru Anda.

Menyembunyikan Gim Steam dari Perpustakaan Anda

Jika Anda berbagi komputer dengan orang lain, mungkin masuk akal untuk menyembunyikan gim tertentu dari perpustakaan Steam Anda. Untuk menyembunyikannya lakukan cara berikut ini:

  1. Luncurkan aplikasi Steam. 
  2. Buka perpustakaan Anda. 
  3. Dari sana, pilih gim yang ingin Anda sembunyikan dan klik ikon Pengaturan dan pilih Kelola > Sembunyikan gim ini

Jika Anda ingin memainkan gim yang Anda sembunyikan kembali, buka View > Hidden games. Untuk mengembalikan gim ke pustaka Anda, akses setelannya dan klik Kelola > Hapus dari tersembunyi. 

Menyembunyikan Aktivitas Gameplay Steam

Steam biasanya mengirimkan pemberitahuan ke teman Anda setiap kali Anda mulai bermain gim. Selain itu, mereka dapat melihat gim apa saja yang Anda mainkan jika mereka mengunjungi daftar teman Steam mereka. 

Jika Anda ingin menyembunyikan aktivitas gameplay Steam Anda, buka menu Teman dan pilih Offline. Jika Anda ingin tampil offline tetapi harus tetap menggunakan chat, pilih Invisible

Jadikan Profil Steam Pribadi

Namun, jika Anda tidak ingin mengelola banyak pengaturan di akun Steam Anda, Anda dapat memilih opsi terakhir, yaitu mengatur profil Anda menjadi Pribadi. 

Ini akan memblokir segala bentuk komunikasi dengan teman Anda. Ikuti langkah-langkah ini untuk menyetel profil Anda ke Pribadi:

  1. Arahkan kursor ke nama pengguna Anda dan pilih Lihat profil saya.
  2. Klik tombol Edit profil. 
  3. Dari panel kiri, buka Pengaturan Privasi.
  4. Setel Profil saya ke Pribadi