Miliarder Jepang Yusaku Maezawa Ajak Delapan Artis dan Seniman Terbang Mengelilingi Bulan
Miliarder asal Jepang Yusaku Maezawa, ajak delapan seniman terbang mengelilingi Bulan. (foto: dok. dearmoon)

Bagikan:

JAKARTA - Pada Kamis, 8 Desember,  miliarder asal Jepang Yusaku Maezawa mengumumkan pemilihan delapan orang awak yang akan bergabung dengannya dalam misi SpaceX untuk mengelilingi Bulan. Misi dearMoon dari Maezawa bertujuan untuk menjadi misi pribadi pertama di sekitar Bulan, yang membawa artis dan kreatif di SpaceX Starship.

Para kru terdiri dari delapan seniman dari berbagai disiplin ilmu, termasuk seorang DJ EDM, dua fotografer, pembuat film dokumenter, dan seorang YouTuber, serta profesional kreatif lainnya.

“Saya berharap setiap orang akan menyadari tanggung jawab yang datang dengan meninggalkan Bumi, melakukan perjalanan ke bulan dan kembali lagi,” kata Maezawa dalam sebuah video yang dikutip The Verge, dalam pengumuman tersebut.

“Mereka akan memperoleh banyak hal dari pengalaman ini, dan saya harap mereka akan menggunakannya untuk berkontribusi pada planet ini, pada umat manusia,” ungkap Maezawa.

Kru lengkap terdiri dari DJ Steve Aoki, musisi Choi Seung Hyun, koreografer dan penampil Yemi A.D., fotografer Rhiannon Adam, YouTuber Tim Dodd, fotografer Karim Iliya, pembuat film Brendan Hall, dan aktor Dev D. Joshi, sementara snowboarder Kaitlyn Farrington dan penari Miyu sebagai anggota kru cadangan.

Maezawa mengumumkan rencananya yang ambisius untuk mendanai misi pribadi untuk mengelilingi Bulan pada tahun 2018, dengan mengatakan bahwa dia “memilih untuk pergi ke Bulan bersama para seniman” dan bahwa setiap anggota kru artis akan diminta untuk membuat karya seni yang mencerminkan perjalanan mereka.

Misi tersebut dijadwalkan untuk menggunakan roket Starship dari SpaceX dan telah menargetkan peluncuran sekitar tahun 2023. Namun, roket tersebut belum melakukan uji penerbangan orbit dari Bumi. Padahal ini adalah salah satu dari banyak tes penting yang masih harus diselesaikan sebelum diluncurkan dengan manusia di kabinnya.

Ini akan menjadi perjalanan pribadi kedua Maezawa ke luar angkasa. Tahun lalu, dia mengunjungi Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sebagai salah satu dari dua turis luar angkasa yang bepergian dengan roket Soyuz milik Rusia.

Miliarder, yang merupakan pendiri peritel mode Zozotown, sebelumnya telah menjadi berita utama karena mengumumkan bahwa dia akan mengadakan kontes reality show untuk mencari pacar yang bisa diajaknya bepergian ke luar angkasa bersamanya. Namun Maezawa kemudian membatalkan ide ini dengan alasan "alasan pribadi".

Misi dearMoon adalah salah satu dari beberapa usaha SpaceX ke dalam pariwisata luar angkasa. Sebelumnya, misi Inspiration4 sudah membawa awak sipil ke orbit pada tahun 2021. Pada bulan April, Misi Aksioma 1 (juga disebut Ax-1) mengirim satu astronot komersial dan tiga warga sipil ke ISS dengan pesawat luar angkasa SpaceX, Crew Dragon.

Kursi di misi Ax-1 dilaporkan berharga 55 juta dolar AS (Rp858 miliar) per orang, meskipun Axiom mengklaim bahwa itu dibentuk untuk membuat ruang angkasa "lebih mudah diakses oleh semua orang".

Perbedaan antara misi wisata ruang angkasa sebelumnya dan misi yang dipimpin Maezawa adalah bahwa fokus utamanya adalah pada seni daripada penelitian ilmiah. Ada juga elemen penjangkauan publik yang kuat, menurut anggota kru.

Tim Dodd dari saluran YouTube Everyday Astronaut mengatakan dalam sebuah video tentang pemilihan kru bahwa karyanya dapat melibatkan streaming langsung serta video, dan dia berharap kontribusinya akan membantu orang-orang “menghargai kehebatan keberadaan kecil kita yang lembut di antara luasnya alam semesta kita.”