Yusaku Maezawa Ketagihan  ke Luar Angkasa, Kini Ajak 8 Seniman Kelilingi Bulan dengan SpaceX
Yusaku ajak 8 Seniman kelilingi Bulan dengan SpaceX. (foto: twitter)

Bagikan:

JAKARTA – Miliarder Jepang yang dilaporkan telah membayar 80 juta dolar AS (Rp 1,1 triliun) untuk menghabiskan 12 hari di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) mendesak para elit dunia untuk juga mengunjungi luar angkasa.

"Saya ingin sebanyak mungkin orang -- dan sebanyak mungkin orang dengan kekuatan dan pengaruh -- mengunjungi luar angkasa," kata Yusaku Maezawa pada konferensi pers pasca-penerbangan pada Rabu, 22 Desember seperti dikutip Dailymail.

“Mereka akan melihat Bumi secara berbeda dan memperlakukannya dengan sangat berbeda,” tambahnya. Ia juga tidak menganggap biaya yang sangat tinggi untuk mengamati planet Bumi dari luar angkasa sebagai penghalang.

Meskipun harga pasti untuk penerbangan tersebut belum dikonfirmasi, Maezawa mengatakan bahwa laporan menyebutkan bahwa dia telah menghabiskan 80 juta dolar AS untuk perjalanannya ke luar angkasa diakui cukup akurat, seperti yang dilaporkan sebelumnya oleh Insider.

Maezawa, 46, juga mengatakan dalam konferensi pers bahwa 12 hari di laboratorium raksasa yang mengorbit, tidak cukup waktu untuk menjelajahi ISS karena butuh waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan.

“Panjang yang sempurna untuk penerbangan semacam ini adalah 20 hari. Saya pikir 30 akan terlalu banyak untuk saya,: kata taipan online asal Jepang itu yang mengenakan pakaian olahraga kosmonot dan topi biru saat Pers Conference.

Impian miliarder ini berikutnya adalah membawa delapan orang bersamanya dalam misi 2023 untuk mengelilingi bulan, yang dioperasikan oleh pesawat luar angkasa SpaceX milik Elon Musk.

Maezawa, bersama asisten Yozo Hirano dan kosmonot Alexander Misurkin, diluncurkan ke ISS pada 8 Desember dan pulang ke Bumi pada 20 Desember.

“Momen paling berkesan adalah ketika saya melihat Stasiun Luar Angkasa Internasional dari Soyuz tepat sebelum docking dan ketika kami masuk setelah docking,” kata Maezawa sesaat setelah kembali ke Bumi.

Dia mengakui bahwa pariwisata luar angkasa sebagian besar saat ini hanya untuk orang super kaya, tetapi ia menambahkan bahwa mereka yang memulai perjalanan ruang angkasa harus siap untuk tantangan lain. “Ya, memang masih agak mahal, tapi ini bukan hanya soal uang,” katanya kepada AP.

“Dibutuhkan waktu bagi tubuh Anda untuk menyesuaikan diri dalam lingkungan ini dan pelatihan untuk keadaan darurat memakan waktu setidaknya beberapa bulan,” ucapnya.

“Jadi, sejujurnya, ini hanya dapat diakses oleh mereka yang memiliki waktu dan secara fisik sehat dan mereka yang mampu membelinya. Tapi kita tidak tahu apakah itu masih akan berlaku dalam 10 tahun, 20 tahun mendatang,” tambahnya.

Maezawa menjadi berita utama pada tahun 2019 ketika ia meluncurkan pencarian pendamping wanita untuk menemaninya selama perjalanan mengelilingi bulan dengan pesawat ruang angkasa SpaceX, yang dijadwalkan diluncurkan pada tahun 2023.

Tapi permintaannya tidak dipenuhi, jadi dia mengubahnya menjadi pencarian delapan seniman, yang meminta mereka untuk membuat 'karya (yang) akan menginspirasi pemimpi dalam diri kita semua.

Pada bulan Maret, dia mengumumkan bahwa dia memperluas pencarian di luar artis, dan mengklaim telah menerima satu juta aplikasi untuk delapan tempat di roket yang dibuat oleh perusahaan Elon Musk.

Jika SpaceX dapat melakukan perjalanan, Maezawa dan kelompok astronotnya akan menjadi penjelajah bulan pertama sejak misi Apollo AS terakhir pada tahun 1972.