Maezawa Meluncur ke ISS, Buat Video untuk Jawab Pertanyaan Apakah Saat Kentut di Luar Angkasa Badan akan Terdorong ke Depan
Yusaku Maezawa telah meluncur ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) (foto: twitter)

Bagikan:

JAKARTA- Miliarder asal Jepang Yusaku Maezawa telah meluncur ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) Rabu 8 Desember, dari Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan sekitar pukul 7:30 GMT (14:30 WIB).

Ia juga berencana untuk mendokumentasikan pengalamannya tersebut kepada 750.000 subscribers YouTube-nya. Penggemar luar angkasa yang sopan, yang merupakan salah satu orang terkaya di Jepang ini, meluncur ditemani oleh asistennya dan produser film Yozo Hirano.

Pasangan ini akan menghabiskan 12 hari di laboratorium raksasa yang mengorbit di luar angkasa, di mana mereka juga berencana untuk menjawab pertanyaan konyol dari penggemarnya, seperti 'Apakah Anda bergerak maju ketika Anda kentut di luar angkasa?' dan “Apa yang terjadi saat Anda memainkan Pokemon GO di luar angkasa?'

Pesawat ruang angkasa Soyuz tiga kursi mereka, dihiasi dengan bendera Jepang dan logo 'MZ' untuk nama Maezawa, dipindahkan ke landasan peluncuran pada Minggu pagi.

“'Saya hampir menangis karena kesan saya, ini sangat mengesankan,” kata Maezawa pada akhir November, setelah tiba di Baikonur untuk hari-hari terakhir persiapan peluncurannya, seperti dikutip Dailymail.co.uk.

Pesawat ruang angkasa itu dikemudikan oleh Alexander Misurkin, seorang kosmonot Rusia berusia 44 tahun yang telah menjalankan dua kali misi ke ISS, dan mengakhiri jeda selama satu dekade dalam program pariwisata luar angkasa Rusia.

Maezawa dan Hirano telah menghabiskan beberapa bulan terakhir pelatihan di Star City, sebuah kota di luar Moskow yang telah mempersiapkan generasi kosmonot Soviet dan Rusia. Mereka telah belajar bagaimana berperilaku dalam gravitasi nol dan protokol khusus jika terjadi keadaan darurat.

Maezawa mengatakan bahwa pelatihan di kursi pemintal 'hampir terasa seperti siksaan'. "Ini adalah pelatihan tersulit yang pernah dilakukan," tweetnya pada akhir November.

Biaya perjalanan ke luar angkasa tidak disebutkan secara jelas, karena label harganya dirahasiakan oleh pihak Rusia. Akan tetapi pelanggan sebelumnya dilaporkan membayar harus 20 juta hingga 40 juta dolar AS untuk penerbangan ke ISS.

Namun kemungkinan harga itu tidak banyak mengalami penurunan mengingat Maezawa sendiri memiliki kekayaan bersih 1,9 miliar dolar AS yang diperkirakan telah dikumpulkan Maezawa melalui perusahaannya Zozo, yang sebelumnya dikenal sebagai Start Today, yang mengoperasikan mal mode online terbesar di Jepang, ZOZOTOWN.

Meskipun menjadi orang terkaya ke-30 di negara itu, taipan berusia 46 tahun itu jauh dari citra tradisional seorang pengusaha Jepang yang tenang.

Maezawa menjadi berita utama pada tahun 2019 ketika ia meluncurkan pencarian pendamping wanita untuk menemaninya selama perjalanan mengelilingi bulan dengan pesawat ruang angkasa SpaceX, yang dijadwalkan diluncurkan pada tahun 2023.

Tapi permintaannya tidak dipenuhi, jadi dia mengubahnya menjadi pencarian delapan seniman, yang meminta mereka untuk membuat 'karya (yang) akan menginspirasi pemimpi dalam diri kita semua'.

Pada bulan Maret lalu, dia juga mengumumkan bahwa dia memperluas pencarian di luar artis, dan mengklaim telah menerima satu juta aplikasi untuk delapan tempat di roket yang dibuat oleh perusahaan Elon Musk itu.

Jika SpaceX dapat melakukan perjalanan, Maezawa dan kelompok astronotnya akan menjadi penjelajah bulan pertama sejak misi Apollo AS terakhir pada tahun 1972.

Akun Twitter-nya – yang merupakan plesetan dari nama depannya: @yousuck2020 – memiliki lebih dari 10 juta pengikut.

Maezawa mengatakan dia 'tidak takut atau khawatir' tentang perjalanannya ke ISS, dan telah meminta ide untuk hal-hal yang harus dia lakukan di luar angkasa dari para pengikutnya lewat Twitter.

Miliarder itu mengatakan tidak masalah apakah idenya 'konyol atau serius', dia hanya ingin memberi orang kesempatan untuk berpartisipasi dalam perjalanan wisata luar angkasanya.

Dia juga berencana untuk merekam setiap aktivitas yang dia lakukan selama perjalanan 12 hari untuk saluran YouTube-nya dan mengunggahnya saat berada di orbit.

Peluncuran Maezawa datang pada saat yang menantang bagi Rusia, karena industri luar angkasanya berjuang untuk tetap relevan dan mengikuti pesaing dari negara-negara Barat dalam perlombaan luar angkasa modern.

Tahun lalu, perusahaan milik miliarder AS Elon Musk, SpaceX, mengakhiri monopoli Rusia atas penerbangan berawak ke ISS setelah mengirimkan astronot ke laboratorium yang mengorbit dalam kapsul Crew Dragon-nya.

Namun, ini juga membebaskan kursi di roket Soyuz Rusia yang sebelumnya dibeli oleh NASA, yang memungkinkan Moskow untuk menerima turis yang membayar biaya peluncuran.

Sejauh ini Rusia telah mengirim tujuh turis yang dengan dana mereka sendiri ke luar angkasa dalam kemitraan dengan perusahaan Space Adventures yang berbasis di AS. Maezawa juga berencana menjadi yang ke-8 dan pertama dari Jepang.

Pada bulan Oktober lalu, badan antariksa Rusia, Roscosmos, telah mengirim aktris Yulia Peresild dan sutradara Klim Shipenko ke ISS untuk memfilmkan adegan film pertama di orbit dalam upaya untuk mengalahkan proyek saingan dari Hollywood.

Akan tetapi di tempat lain di dunia, ini juga merupakan tahun tonggak sejarah bagi perjalanan ruang angkasa amatir. Pada bulan Juli, miliarder Richard Branson melakukan perjalanan dengan pesawat ruang angkasa Virgin Galactic-nya, mengalami beberapa menit tanpa bobot sebelum kembali ke Bumi.

Blue Origin, perusahaan pendiri Amazon Jeff Bezos, juga menyelesaikan dua misi di luar atmosfer bumi bulan itu. Para penumpang termasuk bintang Star Trek berusia 90 tahun William Shatner dan Bezos sendiri ikut serta di dalamnya.

Sementara itu, pada bulan September, SpaceX mengoperasikan penerbangan bersejarah yang membawa awak sipil pertama dalam perjalanan tiga hari mengelilingi orbit Bumi dalam sebuah misi yang disebut Inspiration4.

Perjalanan tersebut menandai awal dari pembukaan ruang bagi non-profesional dengan lebih banyak peluncuran wisata luar angkasa yang akan diumumkan untuk masa depan.