Mengenal Apa Itu <i>Ransomware</i> Lengkap dengan Cara Kerja, Jenis, Manfaat, Cara Mencegah dan Membersihkannya di PC
Ilustrasi malware dan ransomware (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam dunia teknologi, pengertian ransomware adalah virus yang menginfeksi komputer dan condong merugikan. Namun pengertiannya tak sesederhana itu. Lalu, apa itu ransomware?

Apa Itu Ransomware

Ransomware adalah virus yang mampu merusak seluruh file sistem komputer. Penggunaan istilah “virus” tidak sama dengan istilah virus dalam dunia kedokteran atau biologi. Dalam dunia teknologi, ransomware merupakan program jahat yang saat program tersebut menjangkit komputer seseorang mampu menghancurkan, memblokir, atau menyita akses ke data atau sistem penting.

Dalam perkembangannya, ransomware dikaitkan dengan aktivitas kejahatan karena program jahat ini sengaja ditargetkan kepada individu atau pihak tertentu agar pembuat ransomware mendapat akses ke PC yang terifeksi. Bahkan ada pula yang sengaja meminta tebusan finansial agar si pemilik bisa mendapat akses lagi ke PC yang telah terinfeksi ransomware.

Cara Kerja Ransomware

Secara umum cara kerja ransomware adalah dengan metode enkripsi, yakni mengolah data jadi kode yang menyebabkan perangkat tak bisa melakukan pembacaan. Akibatnya korban tak bisa mengakses data yang sebelumnya ada di perangkatnya. Akses baru bisa dikembalikan ketika data yang diubah jadi kode dikembalikan lagi ke bentuk semula agar bisa dibaca oleh perangkat.

Ransomware bisa menginfeksi komputer tanpa sepengetahuan pemilik. Biasanya virus akan masuk lewat SMB File Protocol/SMB Server, IIS Web Server. Virus juga bisa masuk saat pengguna secara sadar maupun tidak membukaa file yang berisi sansomware.

Virus juga bisa masuk lewat server yang terkoneksi dengan internet lalu menyebar ke sistem komputer hingga mengunci seluruh file secara cepat. Virus biasanya menargekan database dan server file dengan tujuan melumpuhkan sistem.

Infeksi ransomware tidak secara langsung menyerang sistem. Secara umum ada tujuh tahap yang dilalui yakni sebagai berikut.

  1. Infeksi
  2. Eksekusi
  3. Enkripsi
  4. Notifikasi
  5. Pembersihan
  6. Pembayaran
  7. Dekripsi

Jenis Ransomware yang Umum Dijumpai

Hingga saat ini ransomware memiliki beberapa jenis dan semuanya harus diwaspadai. Jenis ransomware tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Encryption Ransomware

Virus encryption ransomware sangat populer karena kerap menyerang komputer. Malware ini akan menyerang file penting mulai dari dokumen, gambar, bahkan video.

  1. Screen Lockers Ransomware

Virus ini akan mengunci layar utama piranti yang terinfeksi. Penguncian layar tersebut tentu membuat pengguna perangkat mengalami kendala untuk mengakses komputer mereka.

  1. Encrypting web server

Tipe virus ini akan menyerang stabilitas server, terutama server yang memiliki CMS lemah. Virus akan melakukan enkripsi data penting yang ada di halaman website. Akibatnya, admin tak bisa mengakses file karena rusak.

  1. MBR

Master Boot Record atau MBR ransomware adalah virus yang menyerang hard drive komputer dengan melakukan enkripsi menyeluruh sehingga akan mengganggu proses booting.

  1. Mobile device ransomware

Virus ini menargetkan perangkat seluler. Meski tak banyak kasus, namun virus ini cukup merugikan pemilik ponsel mengingat banyak masyarakat yang menyimpan data pribadi dan penting di ponsel mereka.

Cara Mencegah dan Cara Membersihkan Ransomware

Melakukan pencegahan terhadap infeksi ransomware sangat penting diketahui karena berkaitan dengan keamanan data. Beberapa cara mencegah ransomware adalah sebagai berikut.

  1. Jangan akses situs tanpa HTTPS
  2. Sebisa mungkin hindari situs tak resmi atau mencurigakan
  3. Tambahkan antivirus dan aktifkan firewall pada komputer
  4. Selektif memilih jaringan internet
  5. Jangan mudah melakukan klik pada iklan atau tautan mencurigakan

Selain mengetahui cara pencegahan, Anda juga harus tahu cara membersihkan ransomware yang terlanjur menginfeksi perangkat Anda yakni sebagai berikut.

  1. Gunakan software pemulih data
  2. Aktifkan pencadangan windows
  3. Segera bawa ke service center

Itulah informasi terkait apa itu ransomware. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.