Panduan Melindungi Komputer dengan Lima Antivirus Terbaik di 2020
Ilustrasi foto (Markus Spiske/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Kejahatan dunia maya sebenarnya telah tumbuh secara signifikan dari tahun ke tahun. Berarti, saat ini penting bagi kita memastikan bahwa Personal Computer (PC) atau laptop memiliki perlindungan antivirus terbaik.

Meskipun saat ini sistem operasi telah memiliki keamanan bawaan, penjahat siber dan virus selalu menemukan cara baru untuk mendapatkan akses ke perangkat komputer. Untungnya, perusahaan antivirus kini terus memperbarui perangkat lunak keamanan mereka untuk melindungi pengguna terhadap penipuan phishing, ransomware dan semua jenis virus lainnya yang saat ini tersedia dalam berbagai pilihan. Apa saja? Berikut VOI rangkum yang dikutip dari Tech Radar.

1. Bitdefender Antivirus Plus 2020

Antivirus ini dapat diandalkandan cukup akurat dalam mendeteksi virus. Menyaring web untuk memblokir akses ke situs yang berisi malware, serta menjaga data pribadi di dalam komputer maupun histori browser.

Terdapat fitur pengelola kata sandi yang secara otomatis melengkapi detail kartu kredit dalam formulir di situs. Fitur tersebut juga mendapat peringkat terbaik untuk modul anti-phishing-nya yang luar biasa. Memberi tahu pengguna tentang situs berisi malware di hasil mesin pencarian dan memblokir akses ke situs berbahaya tersebut.

Tidak hanya itu, terdapat juga perlindungan multi-layer ransomware yang mempelajari perilaku ancaman semacam ini, untuk membuat pengguna tetap aman serta kemampuan memindai semua perangkat yang terhubung melalui aplikasi seluler Bitdefender Central.

2. Norton Antivirus Plus

Pemburu malware berkualitas tinggi yang dapat secara otomatis melindungi PC. Antivirus yang satu ini memiliki fitur seperti pemblokir URL yang membuat PC jauh dari situs web berbahaya. Jika pengguna melewatkan sesuatu, layanan reputasi file yang sangat baik secara cepat dapat mengenali unduhan yang dicurigai.

Bahkan jika malware masih menemukan cara untuk menginfeksi, Norton Antivirus Plus ini akan segera menghalaunya. Namun kekurangan pada antivirus ini, menyebabkan beberapa masalah pada ekstensi browser. Misalnya, ditenemukan bahwa versi Chrome terkadang berhenti berfungsi tanpa alasan yang jelas.

3. Webroot SecureAnywhere AntiVirus

Hampir setiap aplikasi antivirus mengklaim memiliki kapasitas penyimpanan yang ringan, tetapi Webroot SecureAnywhere AntiVirus adalah satu-satunya yang tidak memberikan janji palsu. Menginstal aplikasinya hanya membutuhkan beberapa detik, file program hampir tidak menggunakan 2MB hard drive, memiliki RAM yang kecil, dan tidak ada pembaruan besar untuk mengikat bandwidth PC pengguna.

Mempertimbangkan hal ini, tentu saja menyoal fitur tidak ada yang membuatnya lebih mengesankan. Seiring dengan perlindungan inti, ada pemantauan perilaku cerdas, antiphishing real-time yang akurat, firewall dan monitor koneksi jaringan, anti-ransomware yang disempurnakan, dan bonus menarik lainnya.

Tidak mudah membandingkan akurasi Webroot dengan pesaing, karena lab pengujian besar jarang mengevaluasi produk perusahaan. Namun, ketika ditinjau, skor umumnya tinggi.

4. Kaspersky Antivirus

Merupakan paket keamanan yang berfokus pada penyaringan web, yakni dengan memblokir URL berbahaya, mesin akurat mendeteksi dan menghilangkan ancaman, teknologi pemantauan melacak dan mencegah tindakan berbahaya.

Antivirus ini dinilai sebagai salah satu yang terbaik dalam memblokir malware, dan menghapusnya dari sistem yang terinfeksi. Tentunya, Kaspersky mendapatkan nilai tertinggi di situs-situs seperti AV-Comparatives.

Program antivirus ini juga mudah digunakan. Antarmuka yang dirancang mudah dioperasikan dan ada banyak petunjuk di layar untuk menjelaskan cara kerja Kaspersky. Jika Anda hanya membutuhkan perlindungan malware yang akurat, andal, dan konsisten, Kaspersky Anti-Virus akan melayani Anda dengan baik.

5. Sophos Home

Meski bukan sebagai antivirus terbaik pada 2020, namun melihat peristiwa belakangan ini yang mana anak-anak tidak diperbolehkan menonton konten dewasa, membuat antivirus Sophos Home bisa menjadi pilihan para orang tua untuk melindungi komputer dan juga anak-anak. Antivirus satu ini melabeli dirinya sebagai keamanan tingkat bisnis. Sophos lebih unggul secara fitur dari perangkat lunak antivirus gratis lainnya, dan sebenarnya tampaknya lebih cocok untuk keluarga.

Pengguna mendapatkan perlindungan antivirus standar dan perlindungan anti-malware, bersama dengan alat peramban seperti anti-phishing dan, yang paling penting, kontrol konten. Dikombinasikan dengan manajemen pusat hingga 10 PC, artinya pengguna dapat secara efektif mengunci opsi penelusuran anak-anak.

Meski begitu, AV-TEST belum secara formal menilai keterampilan Sophos, tetapi lab AV-Comparatives menunjukkan hasil yang cukup mengejutkan. Meskipun Sophos Home selalu memiliki notifikasi desktop, tidak ada versi premium dari perangkat lunak tersebut untuk mendorong pembaruan.