5 Aplikasi Antivirus Terbaik untuk Menjaga Ponsel Android Anda
Aplikasi antivirus Android terbaik (Foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Perangkat lunak antivirus ponsel cerdas telah menjadi bisnis besar dalam beberapa tahun terakhir ini karena ancaman online yang terus meningkat, dari mulai malware, virus, dan program lainnya yang tidak diinginkan. 

Dengan begitu banyak ancaman yang ada, Anda sudah disuguhkan dengan banyak pilihan aplikasi antivirus yang tersedia baik secara gratis atau berbayar. 

Mungkin Anda merasa sulit untuk menentukan mana aplikasi yang berkualitas dan lebih efektif. Dalam artikel ini, ada beberapa aplikasi antivirus terbaik untuk Android untuk membantu Anda membuat pilihan yang tepat. 

1. Avast Antivirus

Avast tetap menjadi salah satu aplikasi antivirus paling populer di kalangan masyarakat untuk perangkat seluler dan laptop ataupun desktop.

Versi seluler aplikasi ini memiliki seperangkat alat untuk menjaga perangkat Anda tetap aman seperti, kunci aplikasi, fitur anti-pencurian, brankas foto, akses ke VPN, dasbor izin privasi, pembersih sampah, pelindung web, dan tentu saja, pemindai virus dan fungsi penghapusan.

Avast tersedia dengan dua versi, yakni versi gratis dan versi berbayar. 

2. Kaspersky

Kaspersky adalah salah satu aplikasi antivirus paling terkenal untuk Android. Aplikasi keamanan menawarkan versi gratis dan berbayar.

Versi gratisnya menawarkan semua perlindungan seperti perlindungan antivirus, pemeriksaan latar belakang untuk virus, spyware, ransomware, dan Trojan, fitur temukan ponsel saya, dan alat anti-pencurian.

Sedangkan versi lainnya, Anda harus membayar 40 dolar AS (Rp570 ribu) per tahun. Akses berbayar ini akan mendapatkan akses ke fitur anti-phishing, filter web, dan alat kunci aplikasi. Versi premium juga menambahkan deteksi ancaman waktu nyata, daripada mengandalkan pemindaian manual.

3. Antivirus Avira

Avira mengklaim sebagai aplikasi antivirus gratis terbaik untuk Android. Ini termasuk pemindai jaringan, perlindungan identitas, dan perlindungan web. Secara mengesankan, Anda juga mendapatkan akses ke VPN gratis; itu adalah fitur yang hampir semua aplikasi antivirus memilih untuk membatasi ke tingkatan berbayar mereka.

Ada juga opsi berbayar yang akan mencakup semua perangkat Anda, termasuk mesin Windows dan Mac. 

Selain fitur gratis, Anda mendapatkan deteksi malware waktu nyata, penjelajahan web terenkripsi, pembuat kata sandi, dan alat mengoptimalkan kecepatan komputer dan seluler. Harga mulai dari 99 dolar AS (Rp1,3 juta) per tahun.

4. Norton 360

Norton 360 adalah salah satu aplikasi tercepat dan paling andal di luar sana. Beberapa fitur terbaik seperti pemantauan web gelap, pemindai aplikasi pra-unduh, peringatan keamanan Wi-Fi, dan perlindungan web. 

Anda juga mendapatkan enkripsi tingkat bank melalui VPN yang disertakan, pengelola kata sandi, firewall cerdas, dan penyimpanan cadangan cloud 10GB.

Kelemahan terbesar dari Norton 360 adalah biayanya. Anda dapat mencoba aplikasi ini secara gratis berkat uji coba 14 hari, tetapi setelah itu, Anda harus membayar 85 per dolar AS (Rp1,1 juta) per tahun untuk satu perangkat.

5. AVG

AVG adalah pemain besar di dunia perlindungan virus Android. Ini menawarkan salah satu aplikasi antivirus gratis terbaik untuk Android, serta aplikasi berbayar yang kuat.

Fitur yang tersedia dalam paket gratis termasuk fungsionalitas anti-pencurian, kunci aplikasi, "jebakan kamera" untuk pencuri ponsel, dan pemindaian malware.

Jika Anda meningkatkan ke paket berbayar 4 dolar AS (Rp56 ribu) per bulan, Anda juga mendapatkan perlindungan phishing, pemindai situs web, alat verifikasi keamanan jaringan, dan perlindungan terhadap ransomware.