Meta Mulai Uji Coba Verifikasi Usia untuk Facebook Dating di AS
Meta uji coba verifikasi usia di Facebook Dating (foto: Meta)

Bagikan:

JAKARTA - Meta telah memperkenalkan fitur kencan online di Facebook kurang lebih tiga tahun lalu. Sekarang, akhirnya Meta mulai memperluas pengujian verifikasi usia ke Facebook Dating di AS. 

"Kami mewajibkan orang berusia minimal 18 tahun untuk mendaftar dan mengakses Facebook Dating, dan alat verifikasi usia akan membantu memverifikasi bahwa hanya orang dewasa yang menggunakan layanan ini dan membantu mencegah anak di bawah umur mengaksesnya," ujar Meta dalam pengumumannya. 

Verifikasi usia online ini dikerjakan Meta bersama kemitraannya dengan Yoti, sebuah perusahaan yang berspesialisasi dalam verifikasi usia online, agar orang-orang memiliki lebih dari satu pilihan untuk memverifikasi usia mereka.

Cara Kerja Verifikasi Usia di Facebook Dating

Jadi, teknologi Facebook akan memverifikasi usia penggunanya. Jika perusahaan mendeteksi seseorang mungkin berusia di bawah 18 tahun dan mencoba menggunakan Facebook Dating, Meta akan meminta mereka memverifikasi usianya dengan melakukan satu diantara dua opsi berikut ini:

  • Video Selfie: Jika Anda memilih opsi ini, Anda akan melihat petunjuk di layar untuk memandu Anda melalui proses tersebut. Setelah Anda mengambil video selfie, teknologi Yoti akan memperkirakan usia Anda berdasarkan fitur wajah. Perlu dicatat bahwa teknologi ini tidak mengenali identitas Anda, melainkan hanya usia saja.
  • Pengunggahan ID: Anda juga dapat memilih opsi mengunggah ID untuk memverifikasi usia Anda. Setelah Anda mengunggah, Meta akan meng-enkripsi salinan ID Anda dan disimpan dengan aman. Setelah usia Anda diverifikasi, Anda dapat mengatur berapa lama tanda pengenal Anda disimpan. 

Saat ini, Meta mengaku sedang mempelajari lebih lanjut tentang teknologi ini, dan berencana untuk membawa teknologi pendeteksi usia dan alat verifikasi usianya ke negara lain secara global tempat Facebook Dating tersedia.