Lagi Viral di Twitter, Apa itu Spotify Instafest dan Bagaimana Cara Buatnya?
Contoh tampilan dari Spotify Instafest (foto: Instafest App)

Bagikan:

JAKARTA - Saat ini, sedang ramai orang-orang yang membagikan Spotify Instafest mereka di berbagai sosial media menggunakan aplikasi Instafest

Spotify Instafest adalah daftar festival musik kustom dari orang itu sendiri berdasarkan artis yang paling sering diputar di Spotify. 

Namun, jika Anda membuka aplikasi Spotify, Anda tidak akan dapat menemukan alat ini. Karena, Instafest merupakan situs web pihak ketiga yang dibuat oleh Anshay Saboo, seorang pengembang dan pengusaha dari Los Angeles, California. 

Melalui sebuah wawancara dengan TechCrunch, Saboo mengatakan kepada mereka bahwa ide untuk Instafest muncul ketika dia memikirkan tentang Coachella, sebuah festival musik dan seni tahunan yang diadakan di Empire Polo di Indio, California. 

Jadi, jika Anda ingin membuat daftar festival musik Anda sendiri, Anda bisa membuatnya langsung dengan membuka situs web instafest.app dan masuk dengan akun Spotify Anda.

Dari sana, Instafest akan secara otomatis menampilkan sebuah poster berdasarkan artis yang paling sering Anda dengarkan. Anda dapat menyesuaikan poster berdasarkan interval waktu mendengar musik, mulai dari empat minggu terakhir, enam bulan terakhir, atau sepanjang waktu.

Anda juga dapat memilih berbagai gaya poster sesuai dengan keinginan Anda, seperti Malibu Sunrise, LA Twilight, dan Mojave Dusk. 

Selain membuat poster, platform Instafest juga menghitung apa yang disebut dengan "Basic Score". Berdasarkan keterangannya, Basic score akan memberi Anda peringkat dari 0-100 berdasarkan seberapa ceruk musik festival Anda. 

Skor rendah berarti festival Anda menampilkan lebih banyak artis khusus, sedangkan skor tinggi berarti festival Anda memiliki sebagian besar artis populer.

Setelah poster sudah jadi, Anda dapat mengganti nama festival musik Anda, menyembunyikan atau menampilkan nama pengguna Anda, atau mungkin dan menyembunyikan atau menampilkan Basic score Anda.