Cara Membuat Receiptify di Spotify, Ikuti Tren Musik dan Bagikan Daftar Lagumu
Logo Spotify (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Reciptify penampil daftar playlist lagu sempat viral di kalangan anak muda dalam beberapa waktu terakhir. Tren Receiptify adalah daftar playlist lagu di Spotify yang bentuknya seperti struk belanja. Banyak yang belum tahu cara membuat resi di Spotify.

Cara membuat resi di Spotify mudah. Langkah-langkahnya sangat sederhana. Setelah bisa membuat tanda terima membagikannya melalui media sosial Instagram Stories atau Twitter. Para teman dan followersmu dapat melihat apa saja daftar lagu yang sering kamu kunjungi atau mainkan. 

Reciptify sendiri merupakan situs untuk membuat daftar lagu yang paling sering kamu kunjungi dalam beberapa masa waktu, bisa satu bulan, enam bulan, hingga satu tahun. Receiptify yang dikembangkan oleh Michelle Liu dan menawarkan tampilan dan fitur yang unik. 

Lantas bagaimana cara membuat Receiptify di Spotify? Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan. 

Cara Membuat Receiptify di Spotify dengan Mudah

Anda bisa membuat daftar lagu Receiptify dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini: 

1. Masuk ke Situs Receiptify

  • Pertama silakan buka mesin pencarian, bisa memakai Google. Selanjutnya masuk ke situs resmi dari Receiptify https://receiptify.herokuapp.com/.
  • Setelah itu, pilih tombol 'Log in with Spotify' untuk daftar lagu yang paling sering melihat di Spotify. Selain itu, kamu juga bisa melihat playlist lagu yang kamu dengar di platform lain, seperti Last Fm atau Apple Music.

2. Pilih Waktu Terakhirkan Lagu

Langkah selanjutnya adalah memilih waktu terakhir kamu mendengarkan lagu untuk dimasukkan ke playlist reciptify. 

Caranya sebagai berikut: Setelah berhasil login , kamu bisa memilih jangka waktu 'Last Month', 'Last 6 Months', atau 'All Time'. Jika sudah menentukan waktu yang kamu pilih, silakan klik satu kali saja untuk pilihan lagu yang diinginkan.

3. Menerima Struk Belanja 

  • Setelah itu, tunggu beberapa saat akan muncul struk belanja. Struk ini berisi daftar 10 lagu yang paling sering kamu putar. 
  • Untuk mendownload gambar struk, silakan pilih 'Download'.

Selain melalui Reciptify, kamu juga bisa melihat daftar lagu melalui situs lain. Ada beberapa situs yang bisa kamu gunakan untuk melihat daftar lagu yang paling sering kamu putar.

Cara Membuat Receiptify Daftar Lagu Melalui Website Lain

Berikut ini situs-situs yang bisa kamu akses dan gunakan untuk melihat daftar lagu yang paling sering kamu putar:

1. Seberapa Buruk Spotify Anda

Situs yang juga bisa kamu gunakan untuk melihat daftar lagu adalah How Bad is Your Spotify. Situs ini sama halnya dengan Reciptify. Untuk menggunakannnya kamu akan diminta untuk login ke akun Spotify. Lalu situs ini akan menganalisis lagu-lagu yang paling sering kamu lihat.

Setelah proses analisa lagu selesai, How Bad is Your Spotify akan mereview atau menilai musik kamu. Layanan ini bisa menjadi hiburan bagi kamu.

2. Guru Musik Favorit

Situs lain yang bisa kamu gunakan adalah Favorite Music Guru. Sama seperti Reciptify, situs ini menampilkan daftar lagu yang paling sering kamu putar di Spotify. Namun situs ini hanya dapat menampilkan daftar lagunya saja, tidak memberikan fitur unduh gambar seperti di Receiptify.

Untuk menggunakan situs Favorite Music Guru, silakan buka laman resminya di favoritemusic.guru. Lalu silakan masuk ke Spotify kamu.

Itu tadi cara membuat Reciptify di Spotify dan melihat daftar lagu yang paling sering kamu putar. Silakan mencoba langkah-langkah di atas, lalu bagikan daftar lagumu di media sosial.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.