Bagikan:

JAKARTA - Akhir-akhir ini media sosial tengah diramaikan dengan unggahan struk belanja. Tetapi sebenarnya itu adalah daftar lagu. Ya, dijuluki Reciptify, struk yang berisi daftar lagu ini ternyata cukup mudah untuk membuatnya.

Pengguna yang ingin membuatnya harus mengakses laman web Receiptify Herokuapp. Laman web tersebut nantinya akan membuat daftar lagu-lagu yang paling sering didengarkan oleh pengguna Spotify.

Daftar lagu favorit tersebut meliputi daftar dari sebulan atau enam bulan ke belakang ini saat menggunakan aplikasi musik itu.

Tampilan Reciptify (Tachta Citra/VOI)

Kendati bukan fitur resmi dari platform musik streaming asal Swedia tersebut, namun fiturnya menjadi ramai di Instagram dan Twitter karena keunikan yang menyerupai struk belanja.

Sebagai informasi, daftar lagu menggunakan struk belanja ini awalnya muncul karena akun Instagram @albumreceipts yang mengunggahnya lebih dahulu. Kemudian tak beberapa lama pun langsung viral di media sosial.

Nah bagaimana sih cara membuat Reciptify ini? Mudah banget loh ternyata, simak tips dari VOI berikut ini:

1. Anda harus mengakses laman https://receiptify.herokuapp.com.

2. Setelah itu, log in ke akun Spotify Anda. Selanjutnya, akan muncul tampilan dengan tiga pilihan Receiptify Spotify Top Track Generator, yaitu last month, 6 month, dan all time.

3. Kemudian, Anda bisa memilih rentang waktu yang diinginkan, lalu Receiptify akan menampilkan daftar lagu favorit sesuai rentang waktu yang telah dipilih. 

4. Usai hasilnya keluar menyerupai struk belanja, Anda tinggal pilih Get Image dan gambar akan diunduh ke galeri ponsel secara otomatis.

5. Receiptify Spotify Top Track Generator milik Anda pun siap dibagikan ke media sosial.